Notification

×

Indeks Berita

Survei SBLF Riset Konsultan Sebut Mahyeldi- Audy Menang di Pilgub Sumbar

Sabtu, 05 Desember 2020 | Desember 05, 2020 WIB Last Updated 2020-12-05T04:10:36Z

 

Pasangan Mahyeldi-Audy (foto tim media)

padanginfo.com
-  PADANG- Hasil survei awal Desember yang dirilis 3 Desember oleh SBLF Riset Konsultan menyebut pasangan Mahyeldi-Audy menang dipilgub Sumbar 2020. Riset dengan melibatkan  responden 2.000 sampel, tersebar proporsional di 19 kab/kota se Sumbar dengan metodologi multistage random sampling, Margin of Error 2.1% didapatkan angka keterpilihan (elektabilitas) paslon gubernur, Mahyeldi Audy, 36.69%, Mulyadi Ali Mukhni, 28,79%, Nasrul Abit 26.21%, Fakhrizal-Genius 6.62%, belum menentukan pilihan/rahasia 1.69%.

SBLF Riset sebagai lembaga riset yang berdiri sejak 2014 telah ikut serta dalam lebih dari 50an survei di wilayah Sumatera bagian utara (Sumbar, Aceh, Sumut, Riau & Kepri), terbukti berhasil memprediksi hasil pemilih di 7 pilkada sebelumnya di Sumbar dan survei diluar Sumbar, terakhir hasil survei pilwako padang yang dirilis 63% hasil akhir di KPU dengan angka 62.9%

"Keunggulan Mahyeldi Audy terprediksi konsisten sejak 3 survei sebelumnya, Agustus, September dan November. Keunggulan mahyeldi-audy dalam keterpilihan terlihat dari penguasaan basis kab/kota yang dominan dari pada paslon lainnya, baik basis Mahyeldi di padang sebagai DPT terbesar pertama, tanah kelahiran agam dan sumando luak limo puluah serta support dari kada PKS baik Prof Irwan Prayitno dan Riza Falepi di Payakumbuh," ujar Nuzul Amri, Ketua Tim Media Center Mahyeldi-Audy, Sabtu (5/11/2020).

Ditambah daerah pemilih karakter kota sebagai basis pemilih PKS dan beberapa daerah yang  tidak ada daerah asal calon menjadi unggulan pasangan mahyeldi audy. Keberhasilan mahyeldi di padang menjadi sorotan baik dalam tata kelola pemerintahan dan program yang menyentuh di masyarakat, tak tanggung-tanggung penghargaan kepala daerah terbaik didapatkan mahyeldi dalam ajang penghargaan yang di lakukan Metro TV.

"Serta  masyarakat diluar padang yang menjadikan padang sebagai tujuan wisata dan perkembangan sarana dan prasarana publik yang semakin hari semakin rancak. Dukungan dari sektor petani, peternak dan nelayan sebagai background tamatan paslon, mendapatkan dukungan bearti," ujarnya.

Begitupun audy mempunyai basis solok raya yang hanya satu-satunya putra daerah.Dukungan kaum milenial sebagai satu-satunya calon yang muda seperti audy, meraup lebih 50% dari total pemilih milenial 40% se Sumbar. Dukungan sektor pengusaha umkm dan besar yang melihat audy yang seorang wirausaha sukses di indonesia timur, menjadi harapan baru perekonomian sumbar semakin baik.

"Senada dengan survei SBLF, Survei Voxpol di November lalu menempatkan Mahyeldi Audy dalam kriteria paslon yang paling mampu memimpin sumbar, sederhana, religius dan anti korupsi menurut masyarakat sumbar," imbuhnya. (ril)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update