Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Dilantik Jokowi, Mahyeldi Prioritas Penguatan UMKM Sumbar

Kamis, 25 Februari 2021 | Februari 25, 2021 WIB Last Updated 2021-02-25T09:06:54Z

Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Sumbar bersama sejumlah gubernur lainnya.

padanginfo.com - JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi berjanji dalam waktu 100 hari akan melakukan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Hal itu disampaikan Mahyeldi seusai dilantik bersama wakilnya Audy Joinaldy oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/2).

"InsyaAllah dalam waktu 100 hari sesuai dengan komitmen ketika kampanye, kami akan melakukan yang pertama sekali, mempersiapkan segera untuk RPJM Provinsi Sumatera Barat 2021-2024," katanya dalam akun youtube Sekretariat Presiden.

Dia juga akan memprioritaskan penanganan Covid-19 serta melakukan penguatan ekonomi masyarakat. Salah satunya, UMKM akan mendapatkan modal usaha. "Kita prioritas bagaimana untuk penanganan Covid," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, penguatan ekonomi masyarakat, penguatan UMKM serta kemudahan mendapatkan modal usaha bagi UMKM yang ada di Sumatera Barat bakal jadi perhatiannya. Terlebih, ada 590 ribu UMKM yang tergantung dari perekonomian di Sumbar.

Kemudian pihaknya pun akan melakukan pengembangan sektor agar masyarakat lebih produktif, mulai dari pertanian, peternakan, serta perikanan kelautan. Mahyeldi juga akan fokus mengembangkan pariwisata.

"Kami lakukan nanti ada di banyak bidang di antaranya adalah bidang pertanian, peternakan perikanan kelautan dan kemudian juga untuk bidang-bidang lainnya," jelas Mahyeldi seperti dikutip merdeka.com.

Selain itu, ia berkomitmen terus melestarikan budaya Sumatera Barat. Terutama, dalam peningkatan pariwisata serta sarana pendidikan bagi masyarakat.

"Sebagaimana Sumatera Barat sebagai memiliki kearifan lokal, berfalsafahkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, dan ini adalah merupakan agenda kita selanjutnya," jelas Mahyeldi.

Mahyeldi Ansarullah dan Audy Joinaldy dilantik Presiden Jokowi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar setelah DPRD Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan pasangan ini sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih. Penetapan itu dilakukan dalam rapat Paripurna Pengumuman dan Penetapan usul Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar bertempat di Gedung DPRD Sumbar, Selasa (23/2).(*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update