--> Anggota DPRD Sumbar Suharjono: Jorong Simamonen di Pasaman Masih Terisolir | Padang Info |

Anggota DPRD Sumbar Suharjono: Jorong Simamonen di Pasaman Masih Terisolir

Jorong di Psaman masih ada yang terisolir

 

Anggota DPRD Sumbar Suharjono (foto istimewa)

padanginfo.com- PASAMAN- Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Suharjono, meminta pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten, mengucurkan anggaran untuk pemenuhan infrastruktur layak bagi masyarakat Simamonen Kenagarian Koto Rajo Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman.

Hingga sekarang daerah tersebut masuk dalam kategori terisolir, hal itu dibuktikan dengan tidak adanya jalan dan jembatan permanen. Begitupun dengan aliran listrik, masih menggunakan tenaga Surya.

“ Belum ada realisasi anggaran dari kabupaten, provinsi hingga pusat untuk membantu Jorong Simamonen. Diharapkan ada perhatian khusus dari pemerintah, mengingat daerah itu sangat butuh anggaran dalam membangun infrastruktur publik,” kata Suharjono saat ditemui wartawan, Selasa (13/4) di ruang kerjanya.

Bukti lain di Simamonen, jika ada masyarakat yang akan dirawat ke rumah sakit, mereka harus ditandu  melewati jalan bergelombang sepanjang 15 kilometer, hingga sampai ke Kenagarian Languang.

“ Hanya sampai langgung lah mobil ambulan bisa jalan. Jika terus ke Simonen hanya bisa diakses dengan motor, dan mobil jenis double gardan,” katanya.

Dia mengatakan masyarakat yang berdomisili di Simamonen sebanyak 800 Kepala Keluarga (KK), 400 di Simonen Hilir dan 400 nya lagi di Simonen Mudik. Belum lengkap rasanya jika masih ada daerah yang sulit diakses di Sumbar. Daerah ini dinilai belum merasakan pembangunan yang adil dan merata.

“ 800 KK bukan lah jumlah yang sedikit, sebagai bagian dari NKRI mereka layak mendapatkan keadilan pembangunan yang merata,” katanya.

Dia mengeskan membantu daerah terisolir merupakan kewajiban pemeritah, jangan diperhitungkan lagi soal kewenangan, mari bersama-sama membangun daerah. Khusunya yang berstatus  terisolir.

“ Khusus untuk jembatan hanya jembatan gantung yang ada di Simamonen dan sekarang kondisinya butuh perbaiakan. Jembatan ini di bangun saat saya menjabat anggota DPRD Kabupaten Pasaman,”katanya.

Lebih rinci dia menjelaskan, secara geografis Kampung Simamonen terdiri dari dua Kejorongan yaitu Jorong Simamomen Hilir dan Jorong Simamonen Mudik.

Rata-rata mata pencarian penduduk setempat banyak di sektor Pertanian yaitu petani Karet, Sawah, dan Serai Wangi. Sekitar 70 Persen warga setempat hidup dibawah garis kemiskinan.

Saat ini masyarakat setempat hanya menikmati fasilitas pendidikan berupa satu Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA satu atap, dan Polindes.

Kondisi masyarakat setempat saat ini ditambah dengan buruknya infrastruktur akses transportasi.

Sehingga menyulitkan warga setempat untuk menjangkau berbagai kebutuhan dan pengangkutan hasil pertanian masyarakat.

Sementara itu Anggota DPRD Sumbar Asal Pasaman Lainya Muzli M Nur meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, terus meningkatkan komunikasi dengan pemerintah provinsi (Pemprov).

Komunikasi tersebut dilakukan agar aspirasi masyarakat tersalurkan untuk dibagunkan infrastruktur yang layak

" Kebutuhan infrastruktur sangat mendesak, terutama jalan dan jembatan di Kabupaten Pasaman , " katanya. (f***i)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,11,agam,63,Artikel,8,bank,4,Beasiswa,12,bencana,9,birokrasi,166,bisnis,189,budaya,52,bukittinggi,85,daerah,250,dharmasraya,149,duniamaya,54,figur,8,galeri,1,head,10,headline,2373,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,3,hukrim,190,infokerja,43,infrastruktur,4,inspiratif,2,Jakarta,79,K,1,kabupaten solok,36,keamanan,1,Kebun hidroponik yang dikelola Politeknik Pertanian Negeri Tanjuangpati (Foto: Dok. Poltektan),1,kesehatan,264,ko,1,kota,257,kuliner,5,limapulu kota,9,limapuluhkota,4,lingkungan,40,mentawai,30,nasional,105,olahraga,47,opini,33,organisasi,10,ormas,5,padang,651,padang panjang,3,padang pariaman,60,padang. kota,1,padangpanjang,26,pariaman,68,pasaman,23,pasaman barat,18,payakumbuh,33,peduli,56,pendidikan,243,perdagangan,4,peristiwa,15,pertanian,7,pesisir selatan,94,pikada,3,Pilkada,363,politik,163,prestasi,7,sawahlunto,244,sijunjung,55,solok,26,solok selatan,6,solok selatan,13,sosial,1,tanah datar,36,terbaru,8,transportasi,65,traveling,6,ukm,6,video,3,wisata,26,
ltr
item
Padang Info : Anggota DPRD Sumbar Suharjono: Jorong Simamonen di Pasaman Masih Terisolir
Anggota DPRD Sumbar Suharjono: Jorong Simamonen di Pasaman Masih Terisolir
Jorong di Psaman masih ada yang terisolir
https://1.bp.blogspot.com/-Gup6tsXTBHw/YHfr_aUEp3I/AAAAAAAAH9M/ZnkzepvdfWEXPuhvpI1wHCkfuijkmXeuQCLcBGAsYHQ/s320/dewan%2Bpasaman.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Gup6tsXTBHw/YHfr_aUEp3I/AAAAAAAAH9M/ZnkzepvdfWEXPuhvpI1wHCkfuijkmXeuQCLcBGAsYHQ/s72-c/dewan%2Bpasaman.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2021/04/anggota-dprd-sumbar-suharjono-jorong.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2021/04/anggota-dprd-sumbar-suharjono-jorong.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy