--> Atal Depari: FABA Produk Bermanfaat bagi Pembangunan | Padang Info |

Atal Depari: FABA Produk Bermanfaat bagi Pembangunan

Kerjasama PWI Pusat dengan MKI membahas manfaat FABA


Ketua PWI Pusat Atal Depari saat mengikuti webinar. Kegiatan ini merupakan kerjasama PWI dengan Masyarakat Ketenagaan Listrik Indonesia (MKI)-foto istimewa-

padanginfo.com-Jakarta - Ketua PWI Pusat Atal Depari mengatakan  FABA sekarang bukan lagi merupakan limbah tidak berguna. Tapi merupakan produk yang bermanfaat bagi pembangunan.

Hal itu dikatakan  Atal Depari ketika mengikuti  webinar "Mengoptimalkan Pemanfaatan FABA untuk Pembangunan Ekonomi" yang diselenggarakan di Sekretariat PWI Pusat, Jakarta, Jumat (09/04/2021).

"Untuk itu PWI menyambut baik penyelenggaraan event ini. Dan semoga bermanfaat bagi semua pihak yang terkait," tutur Ketum PWI Pusat dalam kata pengantarnya.

 "Mengoptimalkan Pemanfaatan FABA untuk Pembangunan Ekonomi" ini diselenggarakan dari kerjasama
Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dengan PWI. Di samping melibatkan komunitas terkait, webinar ini juga dihadiri oleh seluruh perwakilan PWI Provinsi.

Atal S Depari yang didampingi Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, serta jajaran pengurus PWI Jaya, menjelaskan,  industri manufaktur berperan penting dalam implementasi konsep circular economy atau ekonomi berkelanjutan.

"Selain akan menjadi tren dunia, konsep tersebut dinilai mempunyai kontribusi besar dalam penerapan pola produksi dan konsumsi berkelanjutan," ujar Atal S.Depari.

Fly Ash Bottom Ash/ FABA sebagai limbah padat yang dihasilkan dari pembakaran batu bara pada pembangkit tenaga listrik, sebenarnya masih dapat dimanfaatkan lagi menjadi substitusi bahan baku, sebagai substitusi sumber energi, ataupun bahan baku sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peran FABA dalam bidang konstruksi dapat menggantikan peran semen, sehingga juga ramah secara lingkungan dan hemat secara ekonomi. FABA juga dapat diproses menjadi bata ringan (light brick) yang sangat cocok untuk konstruksi bangunan bertingkat tinggi.

FABA juga material yang kaya sekali akan mineral, juga sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai pupuk pada banyak perkebunan, pertanian, dan juga perladangan.

FABA dapat dipergunakan untuk menghidupkan ekonomi di sekitar Pembangkit PLTU melalui kegiatan usaha yang bisa dilakukan oleh UMKM, BUMD, koperasi, kelompok usaha di desa setempat.
Konsumsi batu bara di Indonesia sebesar 80 Juta ton per tahun, dengan kadar abu pada kisaran 6 – 10  persen, maka akan dihasilkan FABA sebanyak 4,8 - 8 juta ton per tahun dengan lokasi yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Dengan volumenya yang demikian besar, maka FABA berpotensi untuk menggantikan atau mensubstitusi peran semen untuk keperluan konstruksi di seluruh Indonesia.

Webinar "Mengoptimalkan Manfaat FABA untuk Pembangunan Ekonomi"  ini dilangsungkan secara offline dan virtual, menampilkan empat pembicara. Yakni, Sri Andini, Komisaris Utama PT. Bukit Pembangkit Inovative,  Dr.Eng Januarti Jaya Ekaputri, ST, MT, Dosen ITS,  peneliti pemanfaatan FABA untuk infrastruktur, Dr.Ir.Nani Hendiarti, M.Sc, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan dan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Kemaritiman dan Investasi, serta Prof.Dr.Ir.H Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc, Akademisi Masalah Lingkungan Hidup. Diskusi menarik ini dipandu oleh Brigita Manohara, presenter TvOne.

Webinar Forum PWI Jaya Series "Mengoptimalkan Manfaat FABA untuk Pembangunan Ekonomi"  diselenggarakan di tengah meningkatnya perhatian tentang daya guna dari limbah batu bara tersebut. Khususnya setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang mengeluarkan limbah batu bara dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun.(*/ak)


Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,11,agam,60,Artikel,8,bank,3,Beasiswa,12,bencana,9,birokrasi,143,bisnis,182,budaya,46,bukittinggi,81,daerah,248,dharmasraya,149,duniamaya,53,figur,8,galeri,1,head,10,headline,2228,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,3,hukrim,170,infokerja,43,infrastruktur,4,inspiratif,2,Jakarta,60,K,1,kabupaten solok,34,keamanan,1,kesehatan,235,ko,1,kota,254,kuliner,4,limapulu kota,8,limapuluhkota,4,lingkungan,39,mentawai,29,nasional,98,olahraga,44,opini,32,organisasi,9,ormas,5,padang,579,padang pariaman,55,padang. kota,1,padangpanjang,26,pariaman,66,pasaman,23,pasaman barat,17,payakumbuh,33,peduli,47,pendidikan,223,perdagangan,4,peristiwa,14,pertanian,6,pesisir selatan,91,pikada,3,Pilkada,363,politik,151,prestasi,6,sawahlunto,243,sijunjung,53,solok,25,solok selatan,6,solok selatan,13,tanah datar,34,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,6,video,3,wisata,25,
ltr
item
Padang Info : Atal Depari: FABA Produk Bermanfaat bagi Pembangunan
Atal Depari: FABA Produk Bermanfaat bagi Pembangunan
Kerjasama PWI Pusat dengan MKI membahas manfaat FABA
https://1.bp.blogspot.com/-RMq6OHiZ6iQ/YHBGqY5mugI/AAAAAAAAH3Q/LDF7Q_EUnv4khxz6YODVbrZmmxp3x00TACLcBGAsYHQ/s320/faba.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RMq6OHiZ6iQ/YHBGqY5mugI/AAAAAAAAH3Q/LDF7Q_EUnv4khxz6YODVbrZmmxp3x00TACLcBGAsYHQ/s72-c/faba.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2021/04/atal-depari-faba-produk-bermanfaat-bagi.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2021/04/atal-depari-faba-produk-bermanfaat-bagi.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy