Notification

×

Indeks Berita

Jalan Lintas Riau-Sumbar Pulih Kembali

Sabtu, 08 Mei 2021 | Mei 08, 2021 WIB Last Updated 2021-05-08T05:21:56Z


Lokasi  longsor di Desa Rantau Berangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau. (Foto Dok. Koramil Bangkinang).

Padanginfo.com-RANTAUBERANGIN-Jalan lintas Riau menuju Provinsi Sumatera Barat  kini sudah bisa dilalui setelah lumpuh total akibat longsor di Kilometer 77, Desa Rantau Berangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu (8/5/2021). 

Arus lalu lintas sempat putus total, karena badan jalan sebelumnya ditutupi material longsor berupa tanah dan bebatuan.

 "Setelah kami bergotong royong bersama Polri, BPBD dan Satpol PP, akhirnya material longsor sudah bisa bersihkan. Arus lalu lintas sudah kembali normal," kata Babinsa Koramil 01/Bangkinang, Kodim 0313/KPR, Serka Cipto Wibowo kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Sabtu. 

Dia mengatakan, jalan sudah bisa dilewati mobil dan sepeda motor sejak Jumat (7/5/2021) pukul 23.00 WIB. Bebana material longsor dilakukan dengan menggunakan dua unit alat berat, eskavator dan wheel loader, serta tiga unit mobil fuso untuk mengangkut material tersebut. 

"Pengendara kami imbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap longsor saat melintas di kawasan jalan Rantau Berangin," kata Cipto. 

Sementara itu, tiang listrik yang ikut tumbang karena longsor juga sudah diperbaiki oleh petugas PLN. Pasokan listrik ke rumah warga sempat terputus akibat bencana alam ini. 

Manager PLN UP3 Pekanbaru Yuliandra Syahrial Nurdin menuturkan, dari kejadian longsor tersebut, mengakibatkan putusnya pasokan listrik yang dirasakan sekitar 15.900 pelanggan di beberapa daerah di Kabupaten Kampar.

"Kami mengerahkan 20 petugas yang terdiri dari tim Teknik PLN ULP Bangkinang, Tim Teknik PLN ULP Ujung Batu beserta mitra kerja untuk mempercepat proses pemulihan," kata Yuliandra. Akses jalan terputus akibat tanah longsor menjadi kendala petugas dalam upaya perbaikan gangguan jaringan listrik. Namun, sejak tadi subuh tim PLN bersama Dinas PUPR Kampar sudah berhasil menyelesaikan penggantian tiang yang tumbang tersebut.

"Secara berangsur–angsur pasokan listrik dapat kami normalkan kembali. Untuk mengatisipasi gangguan listrik, kami mensiagakan penuh tim pelayanan teknik (Yantek). Kami meminta maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan dari dampak terputusnya pasokan listrik akibat longsor," kata Yuliandra. 

Diberitakan sebelumnya, perbukitan mengalami longsor menutup badan jalan lintas Riau-Sumatera Barat (Sumbar), di Desa Rantau Berangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (7/5/2021). Akibatnya, akses lalu lintas lumpuh total karena jalan tertimbun material longsor berupa tanah dan bebatuan. (*/in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update