Notification

×

Indeks Berita

Divre II PT KAI Sumbar Dukung Dihidupkan Kembali Kereta Api di Sawahulunto

Rabu, 28 Juli 2021 | Juli 28, 2021 WIB Last Updated 2021-07-28T02:20:30Z
Walikota Deri Asta ketika membahas perkeretaapian jalur Sawahlunto dengan Divre II PT KAI Sumbar dan Balai Teknik Perkeretaapian Sumbar, Senin (humas)

padanginfo.com-PADANG-"Kita mendukung dihidupkannya kereta di Sawahlunto, itu akan sangat strategis meningkatkan daya tarik pariwisata. Tim teknisi kita melaporkan MAK ITAM siap dioperasikan kembali. Kemudian kita juga menambah kereta api di Sawahlunto dengan meminjamkan kereta diesel seri BB 3037804," ujar Kuncoro, Kepala Divre II PT KAI Sumbar, ketika menerima kunjungan Walikota Sawahunto Deri Asta, Senin, 26 Juli 2021. Di hari yang sama, Deri juga mengunjungi Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbar

Kuncoro, mengatakan bahwa PT. KAI telah melakukan perbaikan terhadap lokomotif uap E 1060 MAK ITAM tersebut sehingga siap untuk dioperasikan kembali. Selain itu, PT. KAI juga bersedia meminjamkan kereta diesel seri BB 3037804 untuk digunakan sebagai kereta wisata di Sawahlunto.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbar Suranto menambahkan pihaknya membutuhkan dukungan dari Pemko Sawahlunto dalam merevitalisasi jalur rel tersebut. Untuk pekerjaan teknis yang besar seperti perbaikan rel itu akan dikerjakan Balai Teknik Perkeretaapian, sementara untuk pekerjaan pendukung seperti pembersihan areal sekitar jalur rel akan dikerjakan oleh OPD terkait di Sawahlunto.

Atas sambutan dan bantuan dari Balai Teknik Perkeretapian Wilayah Sumatera Barat dan PT. Kereta Api Indonesia (PTKAI) Divisi Regional II Sumatera Barat, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terimakasih dan apresiasi.

"Kami sangat berterimakasih pada Balai Teknik Perkeretapian Sumbar dan PT. KAI Divre II Sumbar yang telah membantu dalam revitalisasi jalur rel dan menghidupkan kereta api di Sawahlunto. Kami memang sejak dulu terus meminta ini, Sawahlunto sangat membutuhkan kereta api. Pariwisata kita sebagai kota heritage itu kereta api lokomotif uap E 1060 MAK ITAM itu telah menjadi ikon yang sangat dikenal dan dinanti - nanti masyarakat, tidak hanya domestik namun juga mancanegara," ujar Walikota Deri Asta.

Terkait berkurangnya anggaran Balai Teknik Perkeretapian dalam merevitalisasi jalur rel dikarenakan refocusing anggaran di masa pandemi ini, dikatakan Walikota  Deri Asta bukanlah hal yang menghambat pekerjaan revitalisasi. Jika pun jadinya ada keterbatasan, maka pekerjaan dilanjutkan dengan kolaborasi bersama Balai Teknik Perkeretapian dengan Pemko Sawahlunto. (rilis)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update