Notification

×

Indeks Berita

Jemaah Haji Batal Berangkat, Pemerintah Merasa Sedih

Jumat, 08 Oktober 2021 | Oktober 08, 2021 WIB Last Updated 2021-10-08T03:04:14Z

Kegiatan diseminasi pembatalanjemaah haji yang digelar Kanwil Kemenag Sumbar di Batusangkar (dok)

padanginfo.com- PADANG- Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, H. Khoirizi mengaku   pemerintah merasa sedih karena sudah 2 (dua) tahun jemaah haji Indonesia batal berangkat ke tanah suci. Ini semua bukan sebuah kesengajaan, tuturnya.

“Kita penyelenggara sangat merasa sedih dan haru dengan tertundanya keberangkatan haji selama 2 tahun ini karena keselamatan yang kita kedepankan,” kata ketika menajdi pembicara Diseminasi Pembatalan Haji di sebuah hotel di Batusangkar, Tanah Datar, Kamis (7/10/2021)

Ia mengingatkan KBIH dan jajaran Kementerian Agama untuk mengubah pola manasik haji. Jangan adalagi manasik haji secara massal. Karena menurutnya saat ini masih banyak jemaah haji yang  berangkat ke tanah suci belum memiliki kesiapan yang matang terutama dalam hal ibadah.

“Terlalu banyak jemaah haji yang berangkat karena nafsu, mulai dari nafsu ekonomi, nafsu politik dan nafsu sosial. Jarang sekali yang berangkat dengan nafsu Islamnya. Tidak jarang orang yang berangkat haji shalat lima waktunya belum disiplin, terang Direktur.

“Masih banyak jemaah yang bacaan Alfatihahnya belum benar tapi menggebu-gebu berangkat haji dan umrah. Bagaimana shalatnya sah sementara bacaan fatehanya ga betul. Bagaiman ibadah yang lain diterima sementara shalatnya ga benar,” imbuhnya lagi.

Untuk itu lanjut Khirizi, pembimbing haji diharapkan ikut membenarkan ibadah dan bacaan shalat jemaah. Petugas jangan hanya fokus kepada materi manasik dan bacaan talbiyah semata. Karena pembimbing dan pembina juga bertanggungjawab terhadap sah tidaknya ibadah jemaah haji.

“Perbaiki pola dan materi manasik haji. Kita punya KBIH yang sudah ditentukan undang-undang. Kita punya pembimbing yang bersertifikat, punya penyuluh dan ustad yang bisa kita berdayakan dalam melakukan manasik haji,” pesan Direktur kepada seluruh peserta.

“Kita harus menyempurnakan ibadah jemaah haji dlu. Dari titik kesempurnan itulah kita akan mencapai kemabruran. Karena kesempurnaan itu adalah ukurannya. Ketika jemaah berangkat haji atau umrah sementara shalanya tidak sempurna makanya hajinya juga tidak sempurna,” tega Direktur.

Kegiatan ini dibuka Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kakan Kemenag Tanah Datar, H. Syahrul. Dihadiri Dirjen PHU diwakili Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, H. Khoirizi bersama seluruh Kasi di Bidang PHU.(ak)
 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update