Notification

×

Indeks Berita

Ketua DPRD Sumbar Supardi Dukung Pemanfaatan Ulat Magot Jadi Pupuk Organik

Jumat, 29 Oktober 2021 | Oktober 29, 2021 WIB Last Updated 2021-12-18T10:48:18Z

Ketua DPRD Sumbar ketika meninjau tempat pembuang sampah
 di Paykumbuh (ist)

 
padanginfo.com-PAYAKUMBUH--- Ketua DPRD Sumbar Supardi mendukung pemamfaatan ulat mogot yang kemudian dapat dikelola menjadi pupuk. Ulat maggot berasal dari lalat, disaat berusia 21 hari akan menjadi pupa dan akhirnya menjadi lalat, bekas kulit atau cangkangnya yang mengering ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk organik.

Ketua DPRD Sumbar Supardi bersama kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar mengatakan itu ketika  melakukan pertemuan dengan masyarakat sekaligus melakukan peninjauan di tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

Supardi memberikan semangat atas inovasi untuk pengelolaan sampah kepada warga Paykumbuh 

"Sekitar 75% sampah itu berasal dari organik, maka ketika saya diminta untuk membantu   mendukung pengadaan alat pengelolaan sampah, meskipun saya tidak paham, langsung saya respon dan mengontak bu Ica untuk bisa memberikan keterangan, ketika diminta 1 unit, kita berikan 2 bila perlu 3 unit," ulas Supardi ketika melakukan peninjauan, Kamis (28/10/2021).

Ditambahkannya, alat yang diminta masyarakat juga dibuat langsung putra daerah Payakumbuh dan masih belajar yakni siswa SMK 2, saat ini sudah selesai 1 unit, sekitar 14 hari mendatang akan selesai 1 unit lagi.

"Meskipun suara saya tidak ada di Mungka ini, namun karena ada inovasi terbaru langsung kita dukung, dan alat tersebut sudah selesai 1 unit saat ini, dan akan selesai 1 unit lagi 14 hari mendatang, saya akan dukung inovasi pengelolaan ulat maggot yang berasal dari sampah ini," ulas Supardi diselingi candaan dan disambut gelak tawa masyarakat, Jumat (29/10/2021), ketika memanfaatkan masa reses 25 November sampai 1 Oktober mendatang.

Pernyataan Supardi disambut  dengan senyuman Ica, dimana sebagai salah satu OPD pengelola lingkungan merasa kalau ketua DPRD Sumbar dinilai sangat respon terhadap kebutuhan masyarakat, dan mendukung program unggulan gubernur, yakni pertanian.

"Saya bangga dengan ketua DPRD Sumbar pak Supardi ini, ketika mendapat usulan dari masyarakat, beliau langsung kontak saya dan bertanya, saya terangkan dan beliau langsung bilang, kalau masyarakat minta 1 unit kasih 2 unit Bu, bagus itu inovasinya," kata Ica.

Ditegaskan Ica, ketua DPRD Sumbar selalu akan siap memperjuangkan kebutuhan masyarakat, termasuk juga dalam pengelolaan sampah menghasilkan Mogot untuk pupuk organik.

"Jika sudah berkaitan dengan kepentingan masyarakat, pak Ketua DPRD ini tidak berhenti mengontak saya, agar segera direalisasikan, demi produktifitas kelompok masyarakat, yang notabene bisa mengangkat perekonomian masyarakat," ulas Ica lagi. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update