Notification

×

Indeks Berita

90 Orang Jurnalis di Padang Mengikuti Bimtek Politik Anggaran

Sabtu, 27 November 2021 | November 27, 2021 WIB Last Updated 2021-11-26T22:35:19Z

padanginfo.com-PADANG- Sebanyak 90 orang wartawan media cetak, elektronik dan online di Sumatera Barat dibekali bimbingan teknis (bimtek) jurnalistik tentang Politik Anggaran, 26-28 November 2021 di Padang. Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) Sumbar Jasman Rizal, Jumat (26/11) malam di Pangerans Beach Hotel. 
Pembukaan dihadiri oleh Ketua DPRD Sumbar Suparman yang sekaligus sebagai pemateri utama dan Hidayat, anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbar selaku pemberi kegiatan pokir kegiatan bimtek.
Menurut Jasman Rizal, sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap badan publik wajib memberi akses kepada masyarakat tentang hal yang berkaitan dengan informasi publik. 
"Untuk itu, wartawan sebagai corong informasi harus diberi akses yang luas apabila ada kebutuhan akan informasi publik untuk diberitakan," sebut Jasman.
Acara  dengan thema “Melalui Bimbingan Teknis, Kita  Wujudkan Jurnalistik yang Teraktual dan Berkualitas”, diawali dengan pembekalan tentang informasi publik oleh Komisioner Komisi Informasi Sumatera Barat Tanti Endang Lestari 
“Banyak kita dengar badan publik  belum sepenuhnya terbuka soal informasi, khususnya dalam informasi anggaran,” ujar Tanti. Untuk itu, bila ada badan publik yang belum membuka akses, terbuka peluang untuk menyengketakannya ke   Komisi Informasi (KI). 
“Tetapi tentunya harus mengikuti aturan yang ada di UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” jelas Tanti.
Selain Tanti, pada hari pertama Bimtek ikut memberi pembekalan Pemimpin Redaksi Harian Singgalang, Khairul Jasmi dengan topik “Kebijakan Redaksi dalam Pemberitaan Soal APBD”, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dan Ketua IJTI Sumbar Jhon Nedy Kambang dengan topik “Memberitakan Anggaran”.
Pembekalan lain  adalah HIdayat dengan topik “Strategi Politik Anggaran”, Ketua Ombusman Sumbar Yefri Heriani dengan topik “Mengukur Bayang-Bayang Anggaran Daerah, Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi dengan topik “Keterbukaan Informasi” dan Juhardio Anse (jurnalis Indosiar/SCTV Sumbar) dengan topik Citizen Jurnalis dan Peliputan Anggaran”. 
Kegiatan Bimtek Jurnalistik ditutup nanti dengan kunjungan lapangan ke badan informasi publik yang sudah menyelenggarakan keterbukaan informasi dengan baik. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update