Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

30 Orang Guru YPI Adabiyah Palembang Berkunjung Ke YSO Adabiah Padang

Rabu, 29 Desember 2021 | Desember 29, 2021 WIB Last Updated 2021-12-29T08:56:16Z


 

Rombongan YPI Adabiyah Palembang foto bersama dengan keluarga besar YSO Adabiah. (Foto: Humas YSO Adabiah)

padanginfo.com--PADANG
- Sebanyak 30 orang guru Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Adabiyah Palembang berkunjung ke Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah Padang, Rabu 29 Desember 2021. .Kunjungan ini adalah kunjungan balasan karena pada tanggal 23 Desember lalu, sebanyak 25 orang pengurus dan karyawan  YSO Adabiah melakukan kunjungan pula ke YPI Adabiah Palembang.


Kedatangan rombongan YPI Adabiah dipimpin oleh Faizah S.Pd, Kepala SMA Adabiyah Palembang disambut suka cita oleh Ketua Pengurus YSO Adabiah Drs. Azmal Zen bersama pengurus, karyawan dan seluruh kepala sekolah beserta wakil.


Dalam sambutannya Azmal Zen mengatakan, meski berbeda yayasan dan penulisan, antara Adabiyah Palembang dan Adabiah Padang, diyakini memiliki cita-cita yang sama untuk memajukan pendidikan anak bangsa. Khususnya pendidikan modern berbasis Keislaman.


Dijelaskan Azmal, Perguruan Adabiah didirikan tahun 1915 oleh Abdullah Ahmad, seorang ulama seangkatan ayah Buya Hamka, DR.Karim Amrullah. Bermula dari sekolah madrasah di Padang Panjang. Kemudian berkembang di Padang hingga memiliki sekolah mulai dari tingkat TK,SD,SMP,SMA dan Perguruan Tinggi, STIA Adabiah.


Sementara Adabiyah Palembang, didirikan tahun 1948 oleh tiga orang ulama keturunan Arab yang berdomisili di Palembang, Mereka Habib Hamid bin Abdurrahman Alkaf, Habib Abdul Kadir bin Hasan Shahab dan Muhammad Alfakar.


Ketika rombongan Adabiah Padang berkunjung ke Adabiyah Palembang, Ketua Pembina YPI Adabiyah dr. Mustofa Hasan Shahab, Sp.OG memaparkan, perguruan Adabiyah Palembang dikelola secara turun temurun oleh generasi pendiri.


Kami ini penerima amanah. Amanah untuk mencerdaskan anak bangsa yang berprilaku Islami,” sebutnya.


Dokter spesialis kandungan itu meyakini, inspirasi kakek mereka mendirikan pendidikan berkarakter Islam di Palembang diyakini setelah berkunjung ke Adabiah tempo doeloe.

Rombongan YSO Adabiah menerima kenangan dari Dr.
dr. Mustofa Hasan Shahab, Sp.OG, Ketua Pembina YPI Adabiyah Palembang saat berkunjung ke Palembang 23 Desember 2021. (Foto: Humas YSO Adabiah)


“Sebagai generasi penerus, kami  bertanggung jawab untuk melestarikan perguruan ini,” sebut Mustofa didampingi para pengurus lainya.


Kampus perguruan Adabiyah berada di tiga titik di pusat kota  Palembang. Tingkat pendidikan dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah, TK persiapan SD (Kelas Nol), SMP dan SMA.


Kepala SMA Adabiyah Palembang Faizah S.Pd mengatakan, ke depan perlu dirajut kerjasama antar kedua perguruan. Karena dari sisi tingkat pendidikan, hampir sama. Bedanya, di Adabiyah Palembang tidak ada perguruan tinggi.


“Mari kita bangun kesamaan untuk meningkatkan kualitas anak didik guna menyongsong generasi mendatang yang berakhlakul khorimah,” sebut Faizah yang juga menempuh pendidikan dasar dan menengah di Perguruan Adabiyah Paalembang.(AK)

 

 

 

×
Berita Terbaru Update