Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desak Cabut Izin PKKNK, Masyarakat Adat Mentawai Demo Kantor Kehuatan Sumbar

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB Last Updated 2021-12-23T08:00:51Z

Aksi demo masyarakat adat Mentawai di kantor Dinas Kehuatan Sumbar mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian (Mjnews.id)

padanginfo.com-
PADANG - Mendapat pengawal ketat dari aparat kepolisian, masyarakat adat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan aksi demo di Dinas Kehutanan Sumbar, Kamis , 23/12/2021. Mereka menuntu mencabut kembali izin Pemanfaatan Kegiatan Kehutanan Non Kayu (PKKNK). Mereka menyebutkan, bahwa izin PKKNK hanya bersilang dengan waktu hitungan bulan saja pihak pengusaha telah langsung mengeksploitasi hutan seluas 1.500 hektare.


Selain  itu, ratusan para demonstran dari suku budaya adat Mentawai mengutuk keras atas kesenjangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat pluralisme dan beragam etnis, yang diduga dipicu ulah izin PKKNK.


Mereka menilai penerbitan izin PKKNK 'prematur' yang dibubuhi dengan teriakan yel-yel sambil memampangkan sejumlah spanduk yang diusungnya bertuliskan slogan tuntutan sebagai supportnya. 


Melalui  pengeras suara  mereka juga memamerkan sepucuk surat yang berisikan tulisan dari beberapa pont tuntutan keras 


Orasi suku adat budaya Mentawai berlangsung sejak pukul 10.30 pagi hingga pukul 11.53 menit menjelang siang ini. 


Demonstran suku adat budaya Mentawai terlihat datang dari arah persimpangan Telkom Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang, gerombolan demonstran ini mendatangi Kantor Dinas Kehutanan Sumbar. 


Namun, sebelum kedatangan para demonstran suku adat budaya Mentawai, sudah terlihat kawasan Kantor Dinas Kehutanan Sumbar sudah disterilkan oleh ratusan petugas kepolisian dan Polhut serta para Pejabat Utama (PJU) Dinas Kehutanan Sumbar. 


Mereka  berharap mereka diterima langsung untuk berdialog dengan pimpinan tertinggi Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi. 


Sepertid dikutip dari Mjnews.id, informasi yang diperoleh awak media ini, ternyata Yozarwardi menghadiri undangan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Warsi di Hotel Pangeran Beach, karena Kadis Kehutanan Sumbar Yozarwardi didaulat oleh LSM Warsi selaku narasumber, menurut sumber yang dihimpun awak media di lokasi berlangsung orasi dari suku adat budaya Mentawai. 


Tak lama kemudian, Kadishut Sumbar Yozarwardi turun dari Mobil Dinas (Mobnas)nya. Ia terlihat bergegas dan menjumpai para demonstran yang disambut apluasan demonstran yang disuguhi dengan teriakan yel-yel  yang ditujukan kepada Yozarwardi


Pada kesempatan ini juga Yozarwardi dengan cekatan mengambil kebijaksanaan untuk menghimpun segenap aspirasi yang disampaikan oleh demostran saat pengeras suara tidak diaktifkan lagi oleh demonstran. 


Para pendemo  menunjukkan sepucuk surat untuk ditangani oleh Yozarwardi.(*/ak)


×
Berita Terbaru Update