Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nevi Safaruddin: Dekranasda Limapuluh Harus Jadi Garda Terdepan dalam Melestarikan Seni Kerajinan

Kamis, 30 Desember 2021 | Desember 30, 2021 WIB Last Updated 2021-12-30T08:44:15Z

Usai pengukuhan, Dekranasda LImapuluh Kota foto bersama denga Bupati Safaruddin (ist)

padanginfo.com-
LIMAPULUH KOTA -  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Limapuluh Kota siap jadi garda terdepan dalam mengembangkan dan melestarikan seni kerajinan sebagai budaya bangsa. Seni kerajinan bersumber dari produk lokal yang menjadi unggulan daerah dapat memberi kesempatan masyarakat untuk  membuka usaha dan sebagai sumber pendapatan dengan memanfaatkan media digital dalam pemasarannya. Saat ini Kabupaten Limapuluh Kota memiliki lebih dari 7.000 pelaku industri yang menghasilkan karya kerajinan dengan variasi produk bernilai jual tinggi. 


Demikian pokok-pokok pikiran Ketua Dekranasda Limapuluh Kota Ny. Nevi Safaruddin pada pengukuhan Kepengurusan Dekranasda Kabupaten Limapuluh Kota periode Tahun 2021-2024, pada Senin (27/12/2021) dan Musyawarah Daerah (Musda) Dekranasda Limapuluh Kota di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota di Sarilamak, Harau


Ny.Nevi Safaruddin mengatakan kedepannya pengurus Dekranasda hendaknya mampu melakukan inovasi kekinian dengan tidak meninggalkan kearifan budaya lokal dan menguasai dunia digital agar mampu bersaing pada zaman sekarang ini. 


Bupati Limapuluh Kota Safaruddin mengatakan dengan pembinaan yang berkelanjutan terhadap Industri  Kecil  Menengah (IKM) akan mampu mewujudkan IKM yang mandiri dan handal. Mulai dari hulu yakni sumber bahan baku, pembinaan produksi dan hilir seperti fasilitasi pemasaran yang sudah dilakukan IKM binaan Dekranasda Kabupaten Limapuluh Kota ini.


 Ia juga berharap stakeholder dan OPD dapat saling bekerja sama untuk meningkatkan produk IKM dan memasarkan produk unggulan daerah tersebut. "Saya juga berharap Dekranasda bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada didalam maupun diluar Kabupaten Limapuluh Kota," tutur Bupati Safaruddin.


Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumbar Ridonald menjelaskan bahwa tantangan yang diemban oleh Dekranasda di masa pandemi covid-19 membutuhkan usaha keras. "Di masa pandemi covid-19 membuat pelaku industri harus kreatif mengambil peluang untuk memasarkan produk melalui media digital seperti  _marketplace_ dan media sosial lainnya," ujar Ridonald


SelainBupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo pelantikan dihadiri  Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ridonald , Sekretaris Daerah Limapuluh Kota Widya Putra, Wakil Ketua Dekranasda Limapuluh Kota Lira Riski Kurniawan, Asisten II Fitma Indrayani, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. (ak)


×
Berita Terbaru Update