Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Raih Suara Tertinggi, Fauzi Bahar Terpilih Jadi Ketua LKAAM Sumbar

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-17T04:04:59Z

Fauzi Bahar dan istri (dok)

padanginfo.com
- PADANG – Raih suara tertinggi, mantan Walikota Padag periode Fauzi Bahar terpilih menjadi ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat.  Sebelumnya lembaga adat ini  dipimpin oleh M Sayuti Datuak Rajo Panghulu. Terpilihnya Fauzi Bahar yang juga Ketua Yayasan PGAI Sumbar itu setelah LKAAM mengadakan  Musyawarah Besar (Mubes) XII Kamis (16/12).

Sebelumnya ada 10 calon yang bertarung bertarung. Mereka adalah Syafrizal Ucok Dt Batuah, Jasman Dt Bandaro, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati dan Yong Hendri Dt Paduko Reno.

Kemudian Epi Ladisman, Amuri Amir, Budiman Dt. Marano Galan, Gustil Jamal dan Zulkifli.

“Dalam pemilihan ini Pak Fauzi Bahar terpilih sebagai ketua LKAAM Sumbar yang baru dan menggantikan saya yang menjabat selama dua periode,” kata M. Sayuti.

Mubes XII diikuti LKAAM di Sumbar dan perwakilan LKAAM kabupaten/kota.

“Fauzi Bahar terpilih karena perolehan suara LKAAM tertinggi,” lanjut M. Sayuti. Dia mengatakan Fauzi Bahar akan memimpin LKAAM Sumbar hingga 2026. Setelah kepengurusan eks LKAAM Sumbar berakhir pada Maret tahun depan, pekerjaan itu diambil alih.

Sebelumnya, Musmaizer Datuak Gamuak, anggota Komisi Mubes, mengatakan calon yang memimpin LKAAM di Pilkada Sumbar mengejutkan.

“Awalnya ada lima calon, tetapi ketika mubes mendekat, jumlah itu meningkat menjadi sepuluh,” kata Musmaizer.

Ia mengatakan semua calon memiliki landasan adat yang kuat, memahami seluk beluk adat, dan terkait dengan berbagai lembaga dan kelompok kepentingan.

“Intinya calon-calon itu adalah mereka yang memiliki potensi besar bagi perkembangan LKAAM Sumbar ke depan,” tutup Musmaizer. (*/son/ak)

×
Berita Terbaru Update