Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buka Akses Perekonomian, Solok Selatan Berharap Pembangunan Jalan Baru ke Dharmasraya Segera Terealisir

Selasa, 07 Desember 2021 | Desember 07, 2021 WIB Last Updated 2021-12-07T09:53:20Z

Sekdakab Solok Selatan Syamsurizal didampingi Asisten I Fidel Muhammad memberi keterangan kepada wartawan. (foto Indra SN).

padanginfo.com-PADANG ARO
- Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berharap percepatan pembukaan jalan baru dari Solok Selatan ke Kabupaten Dharmas Raya. Pembukaan jalan baru ini memakan biaya besar dan perlu dukungan pusat.

Sekdakab Solok Selatan DR.Syamsurizaldi menyampaikan hal itu kepada 30 orang rombongan jurnalis berbagai media yang bertugas di Padang, dalam agenda keterbukaan informasi publik, Senin 6/12/21 di kantor Bupati Solok Selatan, Arosuka.

Menurut Syamsurizaldi, panjang jalan itu diperkirakan lebih kurang 50 km. Rencananya dimulai dari Abaisiat. Namun karena ada kendala memotong aliran sungai Batanghari dan memakai biaya besar, maka alternatif lain akhirnya dimulai dari Sungai Kunyit dan keluar di Sungai Rumbai.

Dari pihak Solok Selatan, kata Sekdakab, persiapan teknis sudah dilakukan, termasuk dokumen Amdal.

“Kita berharap, percepatan ini mendapat dukungan penuh dari pusat agar keterisoliran akses jalan dari Solok Selatan ke kabupaten tetangga, bisa dibuka,” ungkap Syamsurizaldi.

Dari paparan yangdisampaikan kepada wartawan, saat ini untuk ke Solok Selatan jalan masuk hanya melalui Kabupaten Solok, melalui Alahan Panjang. Tempo hari juga telah dibuka isolasi dengan membuka jalan Muaro Labuh-Kambang.

Dengan dibukanya jalan dari Solok Selatan ke Kabupaten Dharmas Raya, akan membuka isolasi Solok Selatan dari segi transportasi..

"Solok Selatan tidak punya jalan utama lintas Sumatera. Padahal banyak potensi ekonomi yang harus dibawa ke luar daerah. Tapi harus melewati jalan yang berbelok. Namun bila akses jalan antar daerah dibuka, maka akan membantu  bagi pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan," sebutnya.

Apalagi Kabupaten Dharmas Raya, kata Sekdakab, saat ini sedang mempersiapkan akses lanjutan jalan tol dari Riau menuju Jambi. Sehingga dengan dibukanya jalan baru yang diharap dananya dari APBN.

“Kita berharap tahun 2022 sudah bisa dimulai,”  harap Syamsurizaldi. (in).

 

×
Berita Terbaru Update