Notification

×

Indeks Berita

Gubernur Sumbar Dukung Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia

Jumat, 21 Januari 2022 | Januari 21, 2022 WIB Last Updated 2022-01-20T22:54:33Z

 




Padanginfo.com-PADANG-
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mendukung dan memberikan apresiasi terhadap  peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dasarnya,  Taksonomi Hijau  sangat penting untuk menggerakkan  Green Economy dan memfasilitasi sektor usaha ramah lingkungan yang berhak mendapatkan pembiayaan hijau.


Pernyataan Gubernur itu disampaikan pada  acara  peluncuran Taksonomi Hijau secara daring yang dilakukan oleh Presiden Joko Sidodo, Kamis, 12 Januari 2022 di Jakarta.


Acara yang digelar OJK itu diikuti Gubernur Mahyeldi melalui Studio Vidcon Istana Gubernuran,


Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan, sistem keuangan harus tetap terjaga dengan baik, guna mencegah dinamika kehidupan yang tidak pasti seperti kelangkaan pangan yang mengakibatkan munculnya inflasi.


Presiden mengatakan, tahun 2022 akan menjadi momentum (pemulihan ekonomi). )leh karena itu, Kebijakan dan instrumen pengawasan yang dikeluarkan OJK, harus mampu mencegah meluasnya dampak pandemi Covid-19, khususnya terhadap perekonomian dan sektor keuangan serta dapat membantu sektor UMKM agar dapat membantu tumbuh melahirkan inovasi.



Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, OJK telah merampungkan pembentukan Taksonomi Hijau yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman penyusunan kebijakan untuk memberikan insentif di bidang ekonomi hijau.


Wimboh juga mengatakan, pertumbuhan pasar modal Indonesia sudah kembali pulih. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSGM) bahkan sudah melampaui level bahkan sebelum pandemi. Sebelumnya di awal pandemi IHSG sempat mencapai level terendah sekitar 3.900  pada 24 Maret 2020.


"Dengan berbagai kebijakan, pasar modal sudah mulai bangkit seperti sebelum Covid-19 bahkan lebih tinggi. Indeks harga saham telah mencapai 6.693,40 per 14 januari 2022 angka ini jauh meningkat levelnya dari sebelum pandemi," ungkapnya.


Turut hadir dalam acara ini Presiden Joko Widodo, seluruh Anggota Dewan Komisioner OJK, Anggota DPR/MPR, Pimpinan Kementerian/Lembaga Negara, Gubernur Sumatra Barat, Buya Mahyeldi, Pimpinan Lembaga Industri Jasa Keuangan (IJK), dan pemangku kebijakan strategis lainnya.


Demikian Siaran Pers yang disampaikan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik  Pemprov Sumbar. (in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update