Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Tak Perlu Batal Puasa, Ini 3 cara Atasi Gigi Sakit

Rabu, 20 April 2022 | April 20, 2022 WIB Last Updated 2022-04-20T07:10:29Z

Sakit gigi (klikdokter)

padanginfo.com-
JAKARTA- - Sakit gigi bisa datang kapan saja, termasuk saat Anda berpuasa di bulan Ramadan. Tak makan dan minum saat puasa ternyata berdampak pada kesehatan gigi dan mulut.

Apalagi ketika waktu berbuka tiba, makanan dan minuman manis biasanya jadi pilihan utama menu iftar yang bisa memicu kerusakan pada gigi.


Sementara itu, sakit gigi yang lebih parah disebabkan oleh masalah gigi dan mulut yang tidak akan sembuh dengan sendirinya dan perlu ditangani oleh dokter gigi.


Sakit gigi saat berpuasa Ramadan tentu bukan hal yang menyenangkan. Walau begitu, ada cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi saat Anda berpuasa.


1. Berkumur dengan air garam

Ketika rasa nyeri mulai menjalar, Anda bisa berkumur dengan menggunakan air yang telah dicampur garam.


Cara ini tetap bisa dilakukan siang hari selama Ramadan. Berkumur tidak membatalkan puasa selama tidak ditelan.


Anda bisa melarutkan 1/2 sdm garam dalam secangkir air hangat. Hidrogen peroksida juga dapat digunakan sebagai obat kumur.


2. Kompres

Kompres dingin biasanya digunakan untuk meredakan sakit gigi di bulan Ramadan, terutama di siang hari.

Kompres dingin berkontribusi pada penyempitan pembuluh darah di daerah yang terkena. Cara ini bisa mengurangi tingkat rasa sakit dan membantu mengurangi pembengkakan serta peradangan.


3. Herbal alami

Alih-alih minum obat yang bisa membatalkan puasa, Anda bisa menggunakan ramuan herbal seperti minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi saat puasa. Minyak cengkeh dapat membantu mengurangi peradangan. (cnn Indonesia)



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update