Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Sekretariat DPRD Sumbar Sediakan Pustaka untuk Umum

Rabu, 06 Juli 2022 | Juli 06, 2022 WIB Last Updated 2022-07-07T07:21:46Z




Sekwan DPRD Sumbar Raflis dengan latar pustaka (ist)

padanginfo.com
- PADANG,- Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat menyedikan pustaka untuk umum. Pustaka yang terletak di lobi sebelah kiri dari pintu masuk gedung diberi naman Pojok Baca Digital (Pocadi). Fasilitas baru yang terbuka untuk publik tersebut, merupakan upaya menyuksuseskan salah satu program strategis gubernur yaitu meningkatkan minat baca masyarakat.


Ruang terbuka pustaka yang di desain dengan sederhana itu juga memajang buku di rak, menyedia kursi dan  ribuan literasi yang dapat dipesan melalui  petugas di situ.


Sekretaris Dewan DPRD Sumbar Raflis saat diwawancarai, Selasa (5/7) mengatakan, Pocadi merupakan salah satu inovasi sekretariat untuk memberikan pelayanan informasi melalui sumber-sumber bacaan kepada masyarakat. 


"Ada ribuan judul buku  yang tersedia, mulai dari bacaan filsafat, agama, ilmu hukum hingga media masa," katanya.


"Sekretariat DPRD Sumbar merupakan satu-satunya OPD yang memiliki Pocadi. Dalam penghargaan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar berhasil menjadi OPD yang terinformatif," ungkapnya.


Berikut beberapa situs sumber-sumber informasi DPRD Sumbar, website DPRD Sumbar, repository produk hukum daerah DPRD Sumbar, PPID pelaksana DPRD Sumbar dan perpustakaan DPRD Sumbar.


"Terkait buku-buku sekretariat sebenarnya sudah memiliki perpustakaan, namum yang telah memiliki sentuhan digital yaitu Pocadi," katanya.



Sebelumnya DPRD Sumbar juga telah memiliki dua aplikasi yaitu ASIK dan KUBE, dua aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan DPRD dengan masyarakat, serta untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas.


mengatakan Kube dan Asik  tersedia pada google play store dan bisa didownload melalui  smartphone, Kube merupakan aplikasi yang memuat  pemberitaan tentang kegiatan DPRD Sumbar secara kelembagaan hingga perorangan.


Sementara itu Asik, lanjut Raflis, merupakan aplikasi penerimaan aspirasi secara online, sehingga masyarakat bisa menyampaikan keluhan serta kebutuhan daerah melalui kanal digital itu.


“Jadi masyarakat tidak perlu lagi susah payah mendatangi gedung dprd, jika tidak terlalu krusial bisa melalui aplikasi saja. Dengan aspirasi yang diterima dewan akan turun sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” katanya. (in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update