Notification

×

Indeks Berita

Sejumlah Delegasi Asing Hadir di IMLF, Satupena Kunjungi Kapus PSDM

Sabtu, 24 September 2022 | September 24, 2022 WIB Last Updated 2022-09-24T06:22:17Z



Panitia IMLF ketika bersilaturahmi dengen Kepala PPSDM Kemendari Rdegional Bukittinggi. Foto. Nal

padanginfo.com
-BUKITTINGGI- Pelaksanaan Internasional Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang bakal digelar pada  22-27 Februari 2023 mendatang perlu dukungan berbagai pihak sehingga iven ini bisa semaksimalnya memberikan manfaat kepada masyarakat. Tidak saja peserta yang mengikuti IMLF, tapi juga masyarakat sekitarnya.


Demikian diungkapkan Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry, Jumat (23/9/2022) saat menemui Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Bukittinggi Sarjayadi, di ruang kerjanya. 


Dikatakan Sastri Bakry, Satupena Sumbar menggelar IMLF  yang dipusatkan di komplek PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi. “Karena itu, dukungan penuh dari PPSDM Kemendagri sangatlah penting demi kelancaran kegiatan IMLF,” kata Sastri Bakry yang didampingi Sekretaris IMLF Armaidi Tanjung, Wakil Ketua Hasanuddin, Yurnaldi dan Ediwawr Dt. Kayo.


Menurut Sastri Bakri, berbagai kegiatan digelar pada IMLF tersebut. Seperti seminar, diskusi  paralel dan berbagi pengalaman  tentang  berbagai  topik terkait literasi, workshop kepenulisan (penulisan akademik dan penulisan  kreatif), pemeran  buku (bookfair),  kuliner (foodfair), pertunjukan  kesenian dan  pelancongan   ke  berbagai   objek  wisata. 


“Peserta IMLF antara lain dari komunitas Satupena seluruh  Indonesia, satrawan, budayawan,  seniman  dari berbagai negara, profesional terkait literasi, seperti dosen, guru,  pustakawan, arsiparis, sejarawan, filolog  dan lain-lain. Penggiat literasi, seperti  pengelola  rumah baca, taman  bacaan masyarakat dan sejenisnya, penerbit dan pengelola  media, Aparatur Sipil  Negara yang mengemban jabatan  struktural dan fungsional terkait literasi. 


“Degelasi dari negara asing yang diundang Australia,  Belanda, Brunei Darussalam, China,  Kamboja, Malaysia, Thailand,  Singapura, Rusia, Aljazair dan Zimbabwe. Sebagian dari mereka sudah menyatakan kesediaan hadir di IMLF. Kegiatan IMLF juga melibatkan siswa, mahasiswa, sekolah dan komunitas lainnya,” kata Sastri.


Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi Sarjayadi menyambut baik kegiatan IMLF yang dipusatkan di PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi. “Mudah-mudahan kita siap memfasilitasinya sesuai dengan kondisi yang ada sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan sukses dan lancar,” tutur Sarjayadi.


Usai bertemu Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, dilanjutkan beraudiensi dengan 

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Sonny BP. Sekretaris IMLF Armaidi Tanjung menyampaikan delegasi IMLF pada hari kedua dari Padang melewati Kota Padang Panjang.


Semua delegasi akan dibawa ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Minangkabau (PDIKM) Padang Panjang untuk melihat langsung PDIKM. Usai dari PDIKM, dilanjutkan silaturrahmi dengan Walikota Padang Panjang Fadly Amran untuk mendengarkan paparan pembangunan Kota Padang Panjang.


Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Sonny BP menyambut baik kehadiran Satupena Sumbar yang akan melaksanakan IMLF. “Insya Allah kita sampaikan kepada Walikota Padang Panjang terkait dengan kunjungan delegasi IMLF tersebut nantinya,” kata Sonny.(ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update