Notification

×

Indeks Berita

Kronologis Kerusuhan Stadion Kanjuruhan

Minggu, 02 Oktober 2022 | Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-02T03:01:29Z
padanginfo.com-MALANG- Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pasca berakhirnya laga Arema vs Persebaya dipicu oleh ketidakpuasan seorang suporter "Singo Edan" yang berusaha masuk. Ke lapangan untuk melampiaskan kekecewaan. 

Kronologis kejadian disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dalam keterangan pers di Mapolres Malang, Minggu dini hari,  2 Oktober 2022.

"Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan. Kalau semua mematuhi aturan, maka kami akan mampu mengantisipasi dengan baik. Jadi ada sebab dan akibatnya," ujar Nico.

Nico mengatakan bahwa awal mula terjadinya kerusuhan adalah kekecewaan yang memuncak dari Aremania. Sebab, untuk kali pertama dalam 23 tahun terakhir, Arema dikalahkan Persebaya di Malang dengan skor 2-3.

Penonton yang kecewa turun ke tengah lapangan, dan berusaha mencari para pemain untuk melampiaskan kekecewaan.  Karena itu, polisi melakukan upaya-upaya pencegahan, dan melakukan pengalihan supaya mereka tidak masuk ke dalam lapangan," jelas Kapolda.

Nico menyebutkan, saat itu polisi mencoba memberikan imbauan dengan cara persuasif. Namun, cara itu tak berhasil. Alhasil, masa kian beringas menyerang dan merusak mobil kepolisian.

Untuk memecah konsentrasi polusi menembakkan gas air mata ke sisi utara dan selatan. Tindakan ini dilakukan agar mereka tidak bisa masuk ke  lapangan. 

"Diperkirakan,  dari 40 ribu penonton,  sekitar 3.000an penonton turun dan masuk ke lapangan hijau. 

Beberapa penonton yang masih berada di stadion,  berupaya turun dan menuju  pintu keluar. Di sinilah terjadi desak-desakan  hingga ada yang terinjak. (in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update