Notification

×

Indeks Berita

Pasca Kecelakaan di Solok, Kondisi Dubes RI untuk Myanmar dan Istri Membaik

Selasa, 04 Oktober 2022 | Oktober 04, 2022 WIB Last Updated 2022-10-04T06:53:15Z

 

 

Dubes Iza Fadri dan istri tengah menjalani perawatan di RS Jamil Padang, pasca kecelakaan di Kilometer 10 Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (3/10/2022). Foto. Keluarga

padanginfo.com-
PADANG- Pasca kecelakaan lalu lintas di kilomenter 10, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, kondisi  Duta Besar RI untuk Myanmar Komjen Pol (Purn) Prof Iza Fadri beserta istri masih menjalani perawatan intensif di ruangan Anyelir, Embun Pagi, RSUP M Djamil Padang.


"Kondisi sekarang mulai membaik. Ini berkat layanan RSUP M Djamil. Kemarin pada saat datang sudah dilakukan tindakan sehingga kaki saya dislokasi sudah baik dan tidak terasa sakit lagi," kata Duta Besar RI untuk Myanmar, Komjen Pol (Purn) Prof Iza Fadri, kepada Arunala.com , di ruangan Anyelir 1 Embun Pagi RSUP Dr M Djamil Padang, Selasa (4/10).



Ia mengatakan dirinya juga mengalami patah pada tangan kanan.Direncanakan tiga hari ke depan, dubes beserta istri akan menjalani operasi.



"Istri saya juga mengalami patah pada tangan kiri. Mungkin tiga hari lagi menjalani operasi," sebutnya.


Hasil pemeriksaan dokter, kondisi kepala, badan dan internal tidak mengalami masalah. Cuma luka luar.


"Kenapa kaki dan tangan saya kena, karena nahan agar tidak melayang," ungkap Prof Iza Fadri.


Ia menegaskan pelayanan RSUP M Djamil sangat membantu dia dan istrinya.


"Saya datang ke sini, tim dokter langsung mengambil langkah-langkah preventif. Apalagi tindakan pertama itu menentukan dengan kondisi usia saya sudah 60 tahun," ucapnya.


Ia juga menjelaskan kedatangannya ke Sumbar sejak Sabtu (1/10) dalam rangka tugas.



Sebagaimana dirinya sebagai duta besar, kedatangannya ke Sumbar untuk diplomasi dan menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan.


"Karena kita mempunyai sekolah internasional di sana, sehingga kita mengirimkan mahasiswa Myanmar untuk mendapatkan pendidikan di Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand). Saat ini, UNP dan Unand sudah menerima 8 dan 9 mahasiswa Myanmar," ungkapnya.


Ia mengatakan nanti diharapkan,, mereka setelah kembali ke Myanmar, dapat menambah diplomasi Indonesia dengan Myanmar.


"Tak hanya UNP dan Unand, Universitas di Jambi juga melakukan hal sama menerima juga mahasiswa Myanmar," paparnya.


Diketahui, Iza Fadri, beserta istri mengalami kecelakaan di jalan nasional Padang-Solok, tepatnya di Kilometer 10, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Mobil Land Cruiser yang ditumpanginya bertabrakan dengan mobil truk. 

Akibatnya, Iza beserta istri mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit. Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Dwi Sulistyawan  mengatakan ,kecelakaan berawal saat mobil Land Cruiser B 1447 RFP yang membawa Iza dan keluarga yang dikemudikan oleh Adhi Paradian datang dari arah Padang menuju Solok. 

Kemudian, mobil truk Nissan pelat BA 8185 AU yang dikemudikan oleh Junaidi datang dari arah berlawanan. "Tiba di lokasi kejadian, mobil Land Cruiser ingin menikung ke kiri. Namun, mobil mengalami slip dan melaju lurus hingga menabrak mobil truk Nissan BA 8185 AU (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update