Notification

×

Indeks Berita

Pekan Kebudayaan Ditutup, Kadis kebudayaan Sumbar: Sampai Jumpa Tahun Depan

Kamis, 06 Oktober 2022 | Oktober 06, 2022 WIB Last Updated 2022-10-06T05:10:14Z

 




Kadis Kebudayaan Sumbar Syaifulah pada kesempatan lain bersama Gubernur Mahyeldi menanam bibit pohon. Foto.dok

padanginfo.com
-PADANG- Jika tidak ada aral melintang, pelaksanaan Pekan Budaya Daerah (PKD) Sumatera Barat akan tetap di gelar tahun depan dengan ragam kegiatan yang lebih variatif lagi. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah di Padang, Kamis (6/10/2022). "Sampai jumpa tahun depan," ujarnya


Ia melihat, PKD 2023 mendatang disiapkan dan dirancang lebih matang lagi, sehingga penyelenggaraan PKD 2022 ini dijadikan bahan evaluasi guna mencapai hasil yang maksimal, termasuk mengakomondir masukan-masukan dari kalangan budayawan dan seniman di daerah ini.


"Bagi saya, PKD 2002 ini menjadi pembelajaran untuk dievaluasi. Kita jadi tahu kelebihan dan kekurangan penyelenggaraan. Untuk itu, PKD 2023 nanti, jauh-jauh hari harus kita rancang menjadi lebih mantap," sebut Syaifullah seraya menambahkan bahwa dirinya selaku kepala Dinas Kebudayaan baru terlibat langsung pada PKD 2022 ini.


Syaifullah menilai, PKD 2022 berjalan lancar meski cuaca kurang bersahabat, namun pagelaran yang diusung dari pagi hingga malam tetap berlangsung yang dihadiri kalangan masyarakat, pelaku seni dan stand kuliner juga ikut menyemarakkan peristiwa kebudayaan itu. Apalagi kegiatan ini makin meriha karena melibatkan peserta dari kabupaten/kota dan Kepulauan Mentawai tampil lewat tari tradisi


"Saya bersyukur, panggung budaya ini juga memberi ruangan pertunjukan kepada etnis di luar Minangkabau, bukan dari kabupaten/kota saja, sehingga memberi warna kesenian tersendiri bagi penonton," sebutnya.


Seperti diketahui, non etnis Minangkabau yang menampilkan pertunjukan kreasi sebagai bentuk keberagaman pada PKD 2022 adalah warga keturunan India, Jawa dan tahun depan akan melibatkan etnis Sunda, Nias dan Batak.


Syaifullah mengucapkan terima kepada pelaku seni, pengusaha kuliner, para peserta dari kabupaten/kota yang telah turutserta memeriahkan PKD 2022, juga sekaligus merayakan Hari Jadi Sumatera Barat 2022.


"Saya juga mengucapkan terimakasih yang sangat besar kepada para Kurator atas kerja kerasnya, sehingga peristiwa budaya ini berjalan sukses. Kepada Panitia Pelaksana,  ASN dilingkup Dinas Kebudayaan, Taman Budaya dan tenaga bantu yang terlibat pada PKD ini saya ucapkan terima kasih. Sampai jumpa tahun depan,"tuturnya.(ak)


 

.

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update