Notification

×

Indeks Berita

Komisi II Gelar Seminar, Suwirpen: Kehidupan Masyarakat Sumbar Bersandar pada Sektor Pertanian

Kamis, 12 Januari 2023 | Januari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-01-12T10:20:57Z

 


Komisi II DPRD Sumbar menggelar konsultasi publik seminat ranperda terkait produk unggulan pertanian Sumbar, Rabu (11/1/2023). Foto.hms

padanginfo.com
-PAADNG- Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Suwirpen Suib mengatakan, produk unggulan Sumatera Barat lebih dominan bercirikan pertanian , karena memiliki sumberdaya alam dominan di sektor pertanian. Itu sebab kehidupan  masyarakat Sumatera Barat menyandarkan pada  sektor pertanian.


 Demikian dikatakan Suwirpen pada kegiatan Komisi II DPRD Sumbar yang menggelar konsultasi publik /seminar ranperda di ruang rapat utama DPRD Provinsi Sumbar, Rabu, 11 Januari 2023.


“Kontribusi sektor pertanian dalam produk domestik regional bruto (PDRB) pada triwulan II tahun 2022 adalah 21 persen. Pada periode ini ekonomi Sumatera Barat bertumbuh 5,08 persen yang bersumber utama dari konsumsi masyarakat. Karena itu penguatan sektor pertanian dengan memelihara daya konsumsi masyarakat menjadi strategis diprioritaskan pemerintah daerah,” ujar Suwirpen Suib


Menurut Suwirpen Suib, kombinasi antara sektor pertanian dan sektor industri berbasis pertanian berskala kecil dan mikro perlu menjadi perhatian pengambil kebijakan. Liberalisasi perdagangan yang semakin kuat dewasa ini memberikan peluang-peluang baru sekaligus tantangan-tantangan baru yang dihadapi sejalan dihapuskannya berbagai hambatan perdagangan antar negara.


“Namun liberalisasi perdagangan juga menimbulkan masalah-masalah serius jika komoditas yang diproduksi secara lokal tidak mampu bersaing pasar dunia. Apalagi jika produk lokal itu merupakan komoditi unggulan daerah yang menguasai kehidupan masyarakat,” ujar Suwirpen Suib.



Seminar menampilkan narasumber Indra Dwipa dari Fakultas Unand, Agnes Verawati Silalahi dari Kementrian Pertanian, Badan Pengawasan Perdagangan berjangka komoditi RI, pimpinan pembasahan dan anggota DPRD komisi II Provinsi Sumbar, pimpinan OPD dilingkungan Pemda, peserta dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten/Kota Se Sumbar, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Asosiasi Petani Gambir (APG), Asosiasi Petani Kakao Indonesia (APKAI), Himpunan Petani Kakao Indonesia (HIPKINDO). (in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update