Notification

×

Indeks Berita

Tokoh Lintas Agama Sumbar Teken Pernyataan Sikap, Ini Isinya

Minggu, 15 Januari 2023 | Januari 15, 2023 WIB Last Updated 2023-01-15T04:52:05Z

 


Salah seorang tokoh lintas agama Sumatera Barat sedang meneken pernyataan sikap. (foto.hms depag)

padanginfo.com
-PADANG PARIAMAN- Tokoh lintas agama Sumatera Barat teken deklarasiDamai Umat Beragama  berkaitan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama Sumatera Barat. di Padang  Pariaman , Sabtu (14/1).Kegiatan juga dirangkai dengan  Gerak Jalan Kerukunan (GJK) 


“Sebagai wujud dari kerukunan itu, juga dilaksanakan Deklarasi Damai Umat Beragama oleh  tokoh lintas agama. Ada lima pemuka agama yang mendandatangani mewakili lima Agama, tokoh agama Islam, Hindu, Buddha, Kristen dan Katolik,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi 


Kelima tokoh agama ini sepakat diantaranya, menjaga kerukunan umat beragama dan sepakat tidak akan mengambil rumah ibadah sebagai tempat kampanye politik. Kemudian menghindari politisasi agama mengingat Indonesia akan memasuki tahun politik.


“Dengan telah dilaksanakan deklarasi kita berharap kerukunan umat di Sumatera Barat akan semakin terpelihara dan terawat dengan baik. Apalagi kita akan dihadapkan dengan tahun politik, semoga berjalan dengan aman dan damai,” ujar putar Bungus ini.


Deklarasi dipimpin Ketua FKUB Provinsi Sumatra Barat sekaligus perwakilan Muslim, Profesor Duski Samad, bersama tokoh agama kristen, Pdt. Daniel Marpaung Ketua PGI Sumatera Barat, tokoh Katolik, Henrikus Jomi, Pembimas Katolik Sumatera Barat, Tokoh Hindu, I Ketut Wirdayasa Ketua PHDI Sumbar, dan Tokoh Budha, Jumadi Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Sumbar.


Inilah deklarasi ini bermuatan kesepakatan dan komitmen bersama seluruh tokoh lintas agama sebagai berikut:


Kami Tokoh Lintas Agama, Pemuda Lintas Agama dan ASN Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat menyatakan untuk:


Pertama, Memperkuat komitmen kebangsaan untuk marawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia.


Kedua, mengukuhkan gerakan moderasi beragama guna untuk seluruh Umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis.


Ketiga, menghindari segala betuk ujaran kebencian, berita bohong, dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik


Keempat berkomitmen untuk tidak mengunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana larangan yag tertuang dalam undang-undang.


Kegiatan ini dihadiri anggota Komisi VIII DPR RI, John Kennedy Aziz didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi, Ketua Dharma Wanita, Ny. Nazifah Helmi. Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Kepala Badan Kesbangpol, Jefrinal Arifin, Kabag Tu, Kepala Bidang, Pembimas, Tokoh Lintas Agama, Kakan Kemenag Padang Pariaman, Kepala Balai Diklat Keagamaan, Kepala UPT Asrama Haji beserta jajaran. 


"Serta ribuan peserta gerak jalan," kata Humas Kanwil Depag Sumbar (*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update