Notification

×

Indeks Berita

Yusril Bahas Konsep Penyutradaraan dan Aktor dengan Komunitas Seni Kuflet

Minggu, 08 Januari 2023 | Januari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-01-08T08:23:17Z

 


Yusril tampil sebagai narasumber dalam diskusi teater dengan anggota Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang, Minggu, 8/1/2023. (foto.dok)

padanginfo.com-
PADANG PANJANG- Dosen ISI Padang Panjang Yusril berbagi pengalaam dengan calon aktor dan suteradara. Ia menyebut, teknik dan Metode Penyutradaraan berawal dari  yang dibaca juga berasal dari pengalaman. Konsep penyutradaraan tubuh  mampu mengikuti arus atau melawan arus ketika melakukan latihan di alam.  


Demikian kupasan Yusril ketika tampil di Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang dalam diskusi , "Teknik dan metode penyutradaraan bertajuk Tubuh dan Alam" Minggu, (8/1/202)  di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet, kampung Jambak yang dipandu . 



"Bagi seorang aktor awalnya harus melakukan peniruan, meniru dan meruangkan dalam diri, serta menangkap bunyi sungai, hujan, hutan," ujar Doktor Yusril, yang kerap disapa Katil itu



Yusril kemudian memaparkan, Metode tubuh dan alam dapat menciptakan filosofi, juga tentang memori ingatan. "Setiap orang memiliki memori ingatan yang berbeda. Selanjutnya memori atau pengalaman itu dibagikan ke orang lain dengan berbagai pengalaman. Jadi,  filosofi ketubuhan mengetahui fungsi dan nilai tubuh yang harus dipahami dan diketahui oleh aktor,"tambahnya


Sedangkan metode penyutradaraan, "Kita harus mengetahui pengalaman dan ketubuhan seorang aktor. Setiap aktor memiliki kemampuan yang berbeda, dalam mengajarkan metode ketubuhan berasal dari pengalaman pribadi kebiasaan yang dilakukan seseorang dapat menjadikannya seorang aktor yang baik, semua orang sesungguhnya dapat menjadi aktor," pungkas Yusril 


Sulaiman Juned, Pendiri dan Penasihat Komunitas Seni Kuflet mengatakan, kegiatan diskusi yang menghadirkan narasumber dari luar selalu dilakukan oleh kuflet. Beberapa bulan lalu kita menghadirkan Gola Gong sastrawan dan pendiri Rumah Dunia di Banten yang membahas mengenai Cerpen Mini. 


Bulan ini mengawali tahun 2023 Kuflet mengundang Yusril seorang sutradara teater untuk mendialogkan perihal teater dan metode penyutradaraan dan keaktorannya guna memperkaya pengetahuan bagi anggota Komunitas Seni Kuflet. (**)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update