Notification

×

Indeks Berita

Buntut Pelajar SD Pariaman Keracunan, BPOM: Waspda Permen Itu Bukan untuk Anak

Sabtu, 04 Februari 2023 | Februari 04, 2023 WIB Last Updated 2023-02-04T02:54:13Z

 


Salah seorang pelajar SD di Pariaman tengah mendapat pertolongan medis setelah diketahui keracunan mengonsumsi permen. (foto.dok.ist)

padanginfo.com
-PADANG- Para orang tua diminta waspdai terkait makanan anak-anak yang dikonsumsi bukanlah untuk jenis makan anak, tetapi untuk orang dewasa. 

Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) di Padang mengeklaim telah menerjunkan tim pasca sejumlah pelajar di SDN 04 Pariaman mengalami keracunan pada Kamis (2/2/2023) siang.


Fungsional Fungsi Informasi dan Komunikasi BBPOM di Padang, Yon Firman mengatakan, makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak tersebut diperuntukkan untuk orang dewasa.



Minuman ginseng Power F yang diduga dikonsumsi, katanya, bukan untuk konsumsi anak-anak dan telah ada peringatan di kemasan tersebut.


“Jika dikonsumsi sering oleh anak dapat menyebabkan gejala pusing, mual, muntah dan sesak nafas,” kata Yon dalam keterangan tertulis, Jumat (3/3/2023).



Untuk permen yang dikonsumsi pelajar, sambungnya, sudah terdaftar dan memiliki izin dari BPOM. Hanya saja, permen tersebut memiliki nomor izin yang menunjukkan berasal dari Gorontalo, namun kabupatennya tidak ada.


“Sekian dulu infonya yah, kami masih koordinasi dengan Badan POM Pusat,” ucapnya.


Sebagaimana diketahui, tujuh pelajar SD Negeri 04 Pariaman diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi permen.


Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (2/2/2023). Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa tersebut buncah usai pelajar tersebut menjalani jam istirahat.

Para pelajar tersebut diketahui mengkonsumsi permen dengan nama merek dagang Opalfrut. Tujuh pelajar tersebut sempat dilarikan ke RSU Aisyah Pariaman untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan medis. (radarsumbar)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update