Notification

×

Indeks Berita

Jelang Ramadan, Pemko Bukittinggi Pantau Harga Kebutuhan Pokok dan Stok Pangan

Minggu, 26 Februari 2023 | Februari 26, 2023 WIB Last Updated 2023-02-26T08:23:09Z




TPID Bukittinggi tengah memantau harga bahan pokok menjelang ramadan 2023. Foto. Antara/Al Fatah

padanginfo.com-
BUKITTINGGI- Pemko melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sidak ke sejumlah pasar dan distributor di Kota Bukittinggi. Sidak juga diikuti langsung Unsur Forkopimda dan SKPD Provinsi Sumatra Barat. Sabtu, 25 Februari 2023


Wali Kota Bukittinggi, melalui Assisten 2 Setdako Bukittinggi, Rismal Hadi, menjelaskan, sidak dilakukan dalam rangka memantau harga dan stok  pangan di pasaran. 


Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak ada produsen dan distributor menimbun barang jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. Karena ini akan membuat harga naik dan masyarakat semakin susah. Untuk itu, sesuai arahan Bapak Wako, TPID melakukan sidak dan pengecekan harga pasar.


Dari pemantauan, saat ini bawang merah di pasaran dijual Rp 28.000,- per kg, bawang putih Rp 30.000,- per kg. Diakui distributor, pasokan bawang masih lancar. Diperkirakan hingga puasa dan lebaran masih aman, namun diperkirakan ada sedikit kenaikan harga Rp 500,- per kg.


Sementara itu, harga cabe merah mulai naik, karena memang ada kenaikan harga dari produsen. Kini, harga cabe merah keriting di pasaran dijual dengan harga Rp 50.000 per kg.


Saat sidak, tim juga mengambil sejumlah sample cabe giling. Ini ditujukan agar ada standar higienis dari cabe giling yang diproduksi oleh distributor.


Tim juga melakukan sidak ke pangkalan gas 3 kg. Salah satunya kawasan Simpang Tarok. Pangkalan menerima 560 tabung per minggu. 70 persen harus dijual langsung ke pada masyarakat miskin dan 30 persen baru bisa dijual ke pengecer.



Pada kesempatan itu, juga dilakukan sidak ke beberapa restoran. Ini dilakukan untuk memastikan, tidak ada pengusaha rumah makan atau cafe yang menggunakan gas bersubsidi 3 kg. (men)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update