Notification

×

Indeks Berita

Untuk Mako Brimob, Pengusaha Ramal Saleh Serahkan Tanah Hibah ke Wakapolda Sumbar

Minggu, 12 Februari 2023 | Februari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-02-12T11:16:01Z
Disaksikan Wakapolda Sumbar, pengusaha Ramal Saleh meneken hibah tanah untuk Mako Brimob. Foto.GN

padanginfo.com-PASAMAN BARAT- Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Sumatera Barat akan bermarkas di daerah Ujung Tanah, Jorong Batang Lingkin, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Kehadiran Mako Brimob di kawasan itu akan dapat menciptakan situasi Harkamtibmas yang kondusif di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K., M.Si usai menerima hibah tanah seluas 5 hektare dari pengusaha mantan Ketua Kadin Sumbar H. Ramal Saleh di Balerong Daulat Yang Dipertuan Parik Batu, Jorong Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (9/2/2023) pagi.

Hibah tanah itu diberikan langsung oleh H. Ramal Saleh sebagai bentuk kepedulian kepada Keluarga Besar Polri, dan mendukung terciptanya Harkamtibmas di Sumbar, khususnya Kabupaten Pasaman Barat yang merupakan daerah yang banyak menjadi pilihan pengusaha khususnya perkebunan untuk berinvestasi. 

Upacara penyerahan sertifikat dan penandatanganan surat hibah tanah pembangunan Mako Kompi 3 Batalyon B Pelopor tersebut dihadiri oleh pejabat utama (PJU) Polda Sumbar, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, SIK., MM., Staf Ahli Bupati Pasaman Barat Edison Zalmi, Pengurus LKAAM Pasaman Barat serta tokoh adat Kabupaten Pasaman Barat.    

Dalam amanatnya, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto mengatakan, jajaran Polri khususnya Polda Sumbar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada H. Ramal Saleh yang telah menghibahkan tanahnya untuk keperluan pembangunan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumbar yang akan kita tempatkan di Nagari Lingkuang Aua ini.

Menurut Jenderal bintang satu itu, tujuan pembangunan markas dan penempatan personel Brimob di Kabupaten Pasaman Barat itu selain untuk menciptakan situasi Harkamtibmas yang kondusif, pembagunan Mako ini juga bertujuan untuk penanganan baik kejahatan berintensitas tinggi maupun juga satuan penguat dan pemukul Polri serta penanganan bencana alam dan gangguan keamanan lainnya. 

"Kehadiran Kompi 3 Batalyon B Pelopor ini nantinya dapat memperkuat dan melengkapi jajaran Sat Brimob Polda Sumbar sebagai satuan Polri, khususnya dalam penanganan, baik kejahatan berintensitas tinggi maupun juga satuan penguat dan pemukul Polri serta penanganan bencana alam dan gangguan keamanan lainnya," kata Wakapolda Sumbar.

Sementara H. Ramal Saleh yang merupakan pengusaha eskpor komoditi ini mengungkapkan, Pasaman Barat merupakan daerah yang kini terus berkembang, tentunya juga akan berdampak pada situasi Kamtibmasnya. Karena itu penyerahan hibah tanah ini dapat dimanfaatkan untuk pembangunan Mako Brimob dalam rangka mensupport tugas Polri dalam menjaga Harkamtibmas.

Kabupaten Pasaman diyakini punya potensi untuk lebih maju lagi, sebab di kabupaten ini sudah ada airport Bandara Anak Nagari, pelabuhan laut Teluk Tapang dan 18 pabrik pengolahan sawit yang produksinya mencapai 60% total produksi CPO Sumbar.

"Kita tahu bahwa kemanan itu sangat penting sekali dalam berusaha. Brimob itu salah satu ujung tombak dalam menciptakan keamanan. Jika iklim investasi makin kondusif tentunya lebih banyak lagi investor yang akan masuk ke Pasaman Barat," ungkap Ramal Saleh, pemilik CV Rasdi & Co ini.

Usai upacara penyerahan sertifikat tanah seluas 5 hektar dan penandatanganan surat hibah tanah ini, kegiatan dilanjutkan kepada H. Ramal Saleh oleh Waka Polda Sumatera Barat Brigjen Pol Edi Mardianto. Dilanjutkan dengan pemberian Piagam Penghargaan dan pemasangan jaket loreng Brimob sebagai apresiasi kepada Ramal Saleh oleh Dansat Brimob Polda Sumatera Barat Kombes Pol Joni Arizal Syarifuddin, SIK., SH., MH.

Kemudian para rombongan meninjau lokasi tanah yang nantinya akan dibangun Markas Kompi 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumbar, sekaligus ramah tamah pejabat Polda dengan tokoh masyarakat Pasaman Barat. (*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update