Notification

×

Indeks Berita

Anugerah TinarBuka 2023, Paparan Sekwan DPRD Sumbar Raflis Mendecak Kagum Tim Penguji

Senin, 27 Maret 2023 | Maret 27, 2023 WIB Last Updated 2023-03-27T13:00:36Z
Sekwan DPRD Sumbar Raflis sast memaparkan keterbukaan informasi dihadapan tim penguji anugerah TinarBuka 2023, Senin27 Maret 2023 di Jakarta. 


padanginfo.com-JAKARTA
-Soal keterbukaan informasi di DPRD Sumbar tak ada yang ditutup-tutupi.  Semua informasi yang dibutuhkan publik disajikan terbuka.


Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Dewan DPRD Sumbar H. Raflis,  SH, MM dihadapan tim penguji calon penerima anugerah TinarBuka 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat di Jakarta, Senin 27 Maret 2023.


Dalam paparannya dihadapan tim penguji berbagai elemen pemerintahan,  seperti  dari Kemenkopolhukam, Menpan RB dan Mendagri RI serta dua komisioner pusat degan ketua Tim Penilai Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandiyudha, paparan Raflus membuat decak kagum tim penguji. 


Dipaparkan Raflis,  keterbukaan informasi publik di DPRD Sumbar berada dibawah tanggung jawab Sekwan. Keterbukaan informasi ini  dikelola sesuai aturan yang termaktub dalam UU No. 14 tahun 2008. 

Dengan adanya payung UU ini,  hal-hal yang memicu potensi unjuk rasa bisa diminimalisir setelah diberi penjelasan oleh pejabat pemberi informasi daerah (PPID) I di DPRD Sumbar. . 


Dijelaskan Raflis,  UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi sangat membantu tugas-tugas PPID di DPRD Sumbar. 


Paparan Raflis yang juga disaksikan Ketua DPRD Sumbar Supardi mendapat pujian dari tim penguji. 


"Sejak pagi menguji, ini baru pimpinan tertinggi di badan publik hadir langsung," ujar Komisioner KI Pusat Samrotunnajah Ismail. 


Menjawab pertanyaan tentang demo-demo omnibuslaw beberapa waktu lalu,   Raflis menjelaskan,  demo besar UU Omnibuslaw juga terjadi ke DPRD Sumbar. Sepertibdibdaerah lain, I aksi masa yang merusak fisik juga terjadi di DPRD Sumbar yang mengakibatkan  kerugian miliaran rupiah. 


"Membathin saya ketika melihat kerusakan parah gedung waktu itu. Penyebabnya,  karena   informasi dari Pusat  tidak sampai dan tak tercerna di publik terkait UU Omnibus Law itu. 


Ke depan,  harap Raflis,  tekad saya bagaimana informasi diproduksi di DPRD Sumbar.


Paparan Raflis dengan bahasa yang jelas dan lugas sangat dimengerti tim penguji  dan menilai Raflis bak master speaking.


Diakui,  paparan  Sekwan DPRD Sumbar itu sangat pas oleh Tim Penilai Anugerah TinaBuka 2023. 


"Salam hormat kepada Pak Supardi Ketua DPRD Sumbar yang support langsung Pak Raflis  di Uji Kepatutan ini," kata Arya Sandiyudha.(*/in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update