Notification

×

Indeks Berita

Indonesia Berduka, Gubernur Sumbar (1977-1987) Azwar Anas Meninggal Dunia

Minggu, 05 Maret 2023 | Maret 05, 2023 WIB Last Updated 2023-03-05T05:54:41Z

padanginfo.com-JAKARTA-
Indonesia berduka. Azwar Anas,  Gubernur Sumbar periode 1977-1987, Menteri Perhubungan dan Menko Kesra era Presiden Soeharto,  meninggal dunia Minggu 5 Maret 2023 sekitar jam 11.45 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.  

Kabar meninggalnya Azwar Anas disampaikan oleh putra sulung beliau Ronny Pahlawan di status WAnya. Kabar ini langsung menyebar ke banyak  grup WA.

Innalillaahi wainna ilaihi raaji’uun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ayahanda kami tercinta Papa Letjen. TNI (Purn). Ir. H. Azwar Anas. Dt. Rajo Sulaiman di RSPAD Gatot Soebroto, Pada hari ini, Minggu 5 Maret 2023. jam 11.45 WIB,” tulis Ompa,  panggilan akrab Ronny yang juga Ketua KoNI Sumbar.

Ronny juga menyampaikan permintaan maaf apabila ada kesalahan yang dilakukan orang tuanya. 

Sebagaimana diberitakan padanginfo,  Azwar Anas yang bergelar adat Datuak Rajo Sulaiman telah lebih satu bulan dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. 

"Papa ada komplikasi di paru-paru dan cairannya disedot, "   sebut Ronny. 

Mengutip  ensiklopedi Wikipedia,  Azwar Anas gelar Datuak Rajo Suleman (lahir 2 Agustus 1933) adalah seorang tentara, dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal adalah birokrat, politikus dan administrator sepak bola Indonesia. 

Ketua Majelis Pembina Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) ini pernah dipercaya sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998) setelah menjabat sebagai Menteri Perhubungan pada Kabinet Pembangunan V (1988–1993), Azwar Anas juga pernah menjadi Ketua Umum PSSI. 

Belum diperole kabar kapan Azwar Anas dimakamkan.  Tapi menelisik riwayat hidup sebagai penerima gelar Mahaputera,   Azwar Anas bakal  dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara kenegaraan.  Hal yang sama juga, dilakukan kepada penerus Azwar Anas sebagai Gubernur Sumbar, Hasan Basri Durin,  yang juga dimakamkan di TMP Kalibata beberapa waktu lalu. (in). 




Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update