Notification

×

Indeks Berita

Disiapkan 320 Personil Pengamanan Lebaran di Bukittinggi

Senin, 17 April 2023 | April 17, 2023 WIB Last Updated 2023-04-17T12:51:31Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Sebanyak 320 personil gabungan disiapkan untuk menciptakan suasana aman memasuki liburan lebaran tahun ini di wilayah Kota Bukittinggi.


Berkaitan dengan itu, Polresta Bukittinggi gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2023, di Mapolresta Bukittinggi, Senin (17/04). 


Kapolresta Bukittinggi Kombes Pol Yessi Kurniati SIK, menyampaikan, pengamanan dalam Operasi Ketupat Singgalang 2023 ini melibatkan sebanyak 320 personil dari berbagai insrtansi. Nantinya akan dibentuk enam pos pengamanan, satu Pos terpadu dan dua pos pelayanan.


“Untuk mengurai kemacetan dalam Kota, kita sudah membuat rekayasa lalulintas dengan cara buka tutup untuk titik kumpul dalam Kota,” terang Kapolresta.


Kapolresta Bukittinggi, membacakan amanat Kapolri, yang menyatakan Operasi Ketupat 2023 yang digelar, merupakan salah satu bentuk operasi kemanusiaan bagi polri dalam rangka upaya bersama untuk memelihara stabilitas keamanan dari segala potensi ancaman, gangguan, nyata yang dapat terjadi sebelum, pada saat, bahkan pasca lebaran Idul Fitri.


Dikatakannya, pelaksanaan operasi ketupat 2023 kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.


Disebutkan, ada beberapa yang harus menjadi perhatian bersama. Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan.


Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis terapkan bagi sistem dan pedoman sop agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi sebagaimana harapan masyarakat.


Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan pos pelayanan maupun pos terpadu sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.


Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan harus mudik juga harus diterapkan pada arus balik sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara.


Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat lakukan penguatan komunikasi publik baik menggunakan media TV, radio nasional maupun lokal serta media streaming.


“Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, ll dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat 2023 selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2023 sampai 9 mei 2023. Fokus pengamanan adalah 101.700 objek di seluruh Indonesia baik Masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kerata api, dan bandara,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Wali Kota Bukittinggi, H Erman Safar, berharap agar seluruh personil operasi ketupat singgalang 2023 ini, dapat bekerja maksimal, melayani masyarakat, pengunjung dan pemudik.


“Kita harus pastikan, Bukittinggi aman untuk dikunjungi. Kita juga himbau masyarakat untuk bisa bersama sama menjaga kenyamanan dan ketertiban umum,” ujar Wako.


Gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2023 itu, dihadiri anggota TNI, Sub Den Pom, Pemko Bukittinggi dan Pemkab Agam yang melibatkan Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).


Puncak gelar pasukan tersebut ditandai dengan penyematan pita pada perwakilan instansi terkait seperti Sub Den POM, Polri, Dishub dan Satpol PP sebagai anggota pengamanan Operasi Ketupat 2023 oleh Kapolresta.(mn/*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update