Notification

×

Indeks Berita

Ketua DPRD Supardi Minta Kepala Daerah Lengkapi Sarana Mitigasi Bencana

Kamis, 27 April 2023 | April 27, 2023 WIB Last Updated 2023-04-27T09:47:22Z

 


Ketua DPRD Sumbar Supardi minta kepala daerah melengkapai sarana mitigasi kebencanaan. Foto. Hms DPRD

padanginfo.com
-PADANG- Ketua DPRD Sumbar Supardi meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan ketika musibah gempa terjadi.


Supardi juga mengimbau kepala daerah untuk memberikan perhatian dan melengkapi terhadap sarana mitigasi bencana seperti jalur evakuasi hingga shelter.




Supardi saat diwawancarai, Rabu (25/4) mengatakan, dari 5 juta lebih penduduk Sumbar, 20 persen atau 1 juta di antaranya tinggal di kawasan rawan bencana. Mulai dari ancaman gempa, tsunami, banjir, longsor, dan juga letusan gunung api.


Dia mengatakan terkait gempa, Sumbar dilewati tujuh segmen patahan besar Sumatera yang berpotensi menimbulkan gempa dengan magnitudo 6,9 hingga 7,6. Selain itu, terdapat potensi gempa cukup besar dari segmen megathrust Mentawai yang terakhir kali terjadi pada tahun 1797.



Ia meminta agar perhatian terhadap sarana mitigasi dan tanggap bencana mesti benar-benar optimal. Terkait pelaksanaannya, dirinya meminta semua pihak bisa berkoordinasi agar bisa menanggulangi dampak buruk bencana alam.


“Kita minta perhatian pemerintah dalam membangun fasilitas-fasilitas untuk penanganan bencana harus kuat. Daerah kita rawan. Harusnya disiapkan standar operasional prosedur (SOP) jelas pra-bencana maupun pasca-bencana,” ingat dia.


Untuk diketahui, menurut kajian ahli kebencanaan, yaitu Rusnardi Rahmat Putra, selama 20 tahun terakhir korban jiwa akibat berbagai jenis bencana alam seperti gempa, longsor, hingga banjir mencapai 2.882.


Dalam hal ini, gempa menjadi bencana alam yang besar memakan korban jiwa, yaitu sebesar 1.768, untuk kerusakan rumah masyarakat sebesar 356.264. (in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update