Notification

×

Indeks Berita

Peringatan Dini Tsunami Dicabut, Warga Kota Padang Masih Waspada

Selasa, 25 April 2023 | April 25, 2023 WIB Last Updated 2023-04-25T00:05:39Z
Suasana kepanikan warga kota Padang mengungsi  Selasa dini hari. 

padanginfo.com -PADANG- BMKG mencabut peringatan dini tsunami pada pukul 05.17 WIB,  Selasa 25 April 2023. Namun warga kota Padang masih tetap waspada. 

Setelah 3 jam berlalu BMKG mencabut peringatan dini tsunami. Ribuan warga kota Padang yang mengungsi ke arah jalan Padang by Pass kembali ke rumah masing-masing. 

Dari pantauan padanginfo, hampir seluruh shelter di Padang dipenuhi warga sekitar yang mengungsi. 

Bagi warga yang lingkungannya tidak ada shelter,  melakukan tindakan menjauhi pantai, gempa melewati batas zona tsunami. 

Akubat banyaknya warga  yang menjauhkan diri dari pantai, gempa ruas jalan menuju By Pass menjadi macet. 

Kepala Pusat Gempa Bumi BMKG, Daryono menyebut gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. 


Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault. 


Kemudian gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Siberut, Mentawai,   Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Padang serta sejumlah wilayah lainnya.


"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini berpotensi tsunami," kata Daryono dalam siaran persnya.


Ia menyampaikan daerah yang berpotensi terdampak tsunami dengan status Waspada di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara.


Selain itu juga terjadi gempa bumi susulan, hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 (lima) aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo terbesar magnitudo 4,6.


Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.


Hinggsa Selasa pagi belum didapat laporan adanya kerusakan fisik yang berarti. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update