Notification

×

Indeks Berita


Suwirpen Suib: Otonomi Daerah Memiliki Kewenangan untuk Mengatur daerahnya

Minggu, 30 April 2023 | April 30, 2023 WIB Last Updated 2023-04-30T09:43:42Z

  



Wakiul Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib menghadiri peringati hari otonomi daerah di kantor Gubenur Sumbar. Foto.Hms DPRD

padanginfo.com-
PADANG- Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib mengatakan, dengan adanya otonomi, maka daerah tidak lagi berada dalam intervensi pusat karena  memiliki kewenangan untuk mengatur daerahnya masing-masing


Demikian dikatakan Suwirpen Suib ketika  menghadiri upacara peringatan hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023, bersama Forkompinda di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Sabtu (29/4/2023)


"Otonomi daerah merupakan kebebasan dalam melaksanakan pemerintahan Kabupaten dan kota, serta provinsi, kecuali menyangkut masalah hukum, agama, ekonomi dan politik, yang masih harus berada pada posisi sentral, sedangkan administrasi dan perencanaan serta pelaksanaan pemerintahan daerah ada pada kewenangan masing-masing,"terang Suwirpen, Sabtu (29/4/2023). 


Ia menyebut adanya kemandirian atau otonomi pada daerah, maka intervensi seperti saat sentralistik atau sebelum Reformasi sudah tidak berlaku, dan kepala daerah bisa melakukan penolakan jika tidak sesuai dengan daerahnya. 


"Saat ini, daerah melalui kepala daerahnya bisa menolak kebijakan yang tidak sesuai dengan daerah masing-masing, termasuk dengan tata-cara berpakaian di sekolah atau di kantor-kantor, kewenangan ada pada daerah masing-masing dan pusat tidak akan mau intervensi, sesuai dengan roh-nya otonomi," tambahnya lagi.


Suwirpen selalu mendukung kebijakan otonomi, khususnya yang berkaitan dengan kemandirian masyarakat adat dan agama, di Sumatera Barat, sehingga nuansa kedamaian terus terjaga. 


"Dengan adanya otonomi daerah, kegiatan agama dan adat sesuai tatanan masyarakat Minang bisa berkembang tanpa ada rasa was-was seperti zaman sebelum Reformasi, maka otonomi ini amat perlu dipertahankan, tentunya melalui wakil rakyat di DPR-RI yang berhubungan langsung dengan pemerintah pusat,"tegasnya lagi. (in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update