Notification

×

Indeks Berita

Wako Bukittinggi Evaluasi Kinerja Satlinmas

Kamis, 13 April 2023 | April 13, 2023 WIB Last Updated 2023-04-25T07:33:34Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI — Walikota Bukittinggi evaluasi kinerja Satlinmas Kelurahan se Kota Bukittinggi. Sebab Satlinmas sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam upaya penegakan Ketentraman dan ketertiban umum di Kelurahan.


Evaluasi dirangkai dengan penyerahan honorarium, di Balairung rumah dinas wako, Kamis (13/04). Walikota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan urusan Perlindungan Masyarakat merupakan salah satu urusan wajib dalam penyelenggaraan pemerintahan di negara kita. "Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab kita semua khususnya anggota Satlinmas Kelurahan untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum di kelurahan kita masing-masing,” ujarnya.


Wako menegaskan, Satlinmas harus sejalan dengan pemerintah. Satlinmas merupakan pengabdian untuk lingkungan. Namun demikian, Pemko Bukittinggi juga siapkan pendanaan untuk honorarium anggota Satlinmas Kelurahan se Kota Bukittinggi Tahun 2023, melalui dana dari APBD Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 144.000.000,-


“Insya Allah untuk bantu operasional tahun depan, honor Satlinmas Bukittinggi dinaikkan jadi Rp300 ribu per bulan,” ungkap Wako.


Kasat Pol PP Bukittinggi, Efriadi, menjelaskan, monitoring serta evaluasi atas kinerja anggota Satlinmas Kelurahan, sehingga dapat berjalan kedepan sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku. Selain itu, juga diberikan pengetahuan pengembengan sumber daya anggota Satlinmas Kota Bukittinggi selaku perpanjangan tangan kebijakan Pemerintah daerah dalam menjaga Ketentraman dan Ketertiban umum serta Perlindungan Masyarakat.


“Satlinmas harus paham dengan Perda Nomor 03 Tahun 2015 tentang Ketentraman dan Ketertiban umum, agar dapat menciptakan Kota Bukittinggi sebagai Kota yang aman, nyaman dan tentram. Kota ini tidak bisa dijaga hanya oleh Satpol PP, tapi juga masyarakat. Masyarakat yang dimaksud tentu Satlinmas,” jelasnya.


Satlinmas Kelurahan Kota Bukittinggi berjumlah 240 orang. Terdiri dari 10 orang anggota Satlinmas per kelurahan. Dimana, pada kesempatan ini, Wako menyerahkan secara simbolis honorarium Anggota Satlinmas Kelurahan se Kota Bukittinggi Tahun 2023.


“Per anggota diberikan honor Rp200 ribu per bulan. Kita bayarkan satu kali dalam empat bulan. Jadi untuk hari ini kita berikan honor periode Januari hingga April 2023 dengan jumlah Rp800 ribu per orang,” jelasnya.(mn)



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update