Notification

×

Indeks Berita

CJH Kota Bukittinggi 2023 Ikuti Manasik

Sabtu, 13 Mei 2023 | Mei 13, 2023 WIB Last Updated 2023-06-02T03:58:07Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Pada musim haji Tahun 2023 atau 1444 Hijriyah ini, Kota Bukittinggi akan memberangkatkan 279 Calon Jemaah Haji (CJH). Untuk berikan ilmu dan pembekalan, dilaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kota, yang dibuka langsung Kanwil Kemenag Sumbar, di balairung rumah dinas wako, Jumat (12/05).


Kakan Kemenag Bukittinggi, Eri Iswandi, menjelaskan, untuk 2023 ini, terdapat 279 CJH yang telah melunasi ONH dan siap diberangkatkan pada 19 Juni 2023 mendatang. Bukittinggi masuk kloter 15 Padang, gelombang ke 2, berangkat dari BIM langsung ke Jeddah.


“Untuk pembekalan, dilaksanakan manasik haji, mulai dari tingkat kecamatan yang telah dimulai sejak 9 Mei hingga 17 Mei mendatang. Selain itu, juga dilaksanakan manasik haji tingkat kota yang dibuka hari ini,” jelasnya.


Jumlah calon jemaah haji Kota Bukittinggi tahun 2023, sebanyak 279 orang. Terdiri dari 119 jemaah laki laki dan 160 jemaah perempuan. 109 jemaah dari kecamatan MKS, 87 dari Kecamatan ABTB dan 83 dari Kecamatan Guguak Panjang. Jemaah tertua usia 85 tahun dan jemaah termuda usia 20 tahun.


Kepala Kanwil Kemenag Bukittinggi, Helmi, menyampaikan, bimbingan manasik tingkat kota diadakan 2 kali kegiatan, tingkat kecamatan 8 kali kegiatan. Materi Bimbingan Manasik, mengarah pada Fiqih Haji, Kebijakan pemerintah tentang Haji, layanan kesehatan Haji, layanan manasik haji bagi jemaah lansia, hikmah haji, hak dan kewajiban jemaah haji reguler.


“Manasik haji ini, bertujuan untuk mewujudkan kemandirian jemaah haji dalam beribadah dan ramah lansia menuju haji mabrur,” ungkapnya.


Walikota Bukittinggi, melalui Kabag Kesra Setdako, Harmezi, menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi jamaah haji serta untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai syariat Islam. Sehingga jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar, sehingga memperoleh haji yang mabrur.


“Kami himbau kepada jamaah haji Kota Bukittinggi, untuk selalu menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, agar para jamaah nantinya khusyuk dalam menjalankan ibadah haji. Kami do’akan agar jama’ah haji Kota Bukittinggi selalu dalam keadaan sehat dan selamat hingga kembali ke Kota Kita Bukittinggi dengan mendapatkan balasan berupa haji dan hajah yang mabrur dan mabrurah,” paparnya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update