Notification

×

Indeks Berita

Dosen Prodi PJKR UBH Kunjungi SPNF SKB Padang Pariaman

Minggu, 21 Mei 2023 | Mei 21, 2023 WIB Last Updated 2023-05-21T23:10:34Z
Para Siswa SKB Padang Pariaman bersama dosen Prodi PJKR UBH. 

padanginfo.com -PARIAMAN-
Sebanyak lima orang dosen Program Studi  Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Bung Hatta (PJKR-UBH)  mengunjungi Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar  (SPNF SKB) Kabupaten Padang Pariaman,  Rabu 15 Mei 2023. Kunjungan dilakukan untuk memberi pelatihan  kepada siswa SKB tentang pentingnya berolahraga. 

"Olahraga tidak sekadar pengisi waktu luang saja. Olahraga adalah investasi terbaik untuk menghadapi hari tua," kata Ketua Prodi PJKR Universitas Bung Hatta Ali Mardius,  M.Pd dihadapan puluhan siswa SKB. 

Dipaparkan Ali Mardius,  tidak semua orang suka berolahraga. Mereka menjalani kehidupan normal-normal saja.  Sebalik  ada orang yang hobi berolahraga. Mereka merasa tak enak badan kalau tidak berolahraga dalam siklus kehidupannya. 

Perbandingan kedua prototipe di atas,  dapat dilihat dalam bentuk fisik. Orang yang tidak berolahraga sama sekali cepat tua,  cepat lelah dan rentan berbagai penyakit. Sedang bagi orang yang berolahraga, fisiknya terlihat bugar dan jarang sakit. 

"Oleh karena itu,  selagi usia adik adik masih muda.  Berolahragalah secara teratur. Tentukan bentuk permainan dan cabang olah raga yang diminati, " kata Ali Mardius. 

Selain Ketua Prodi PJKR,  ikut juga sebagai pemateri dosen lainnya yang ahli di keilmuan olahraga.  Mereka Ary Suud Cahyo Alben, M.Pd, Apriyanti Rahmalia, S.Pd, M.Pd, Meiriani Armen, S.Pd, M.Pd., AIFO-P, dan Alfiqroam Kumar, S.Pd.,  M.Pd., AIFO. 

Tema yang diangkat dalam pengabdian para dosen PJKR UBH ini adalah   "Pembelajaran Modifikasi Bermain pada Ruang Lingkup Aktifitas Pengembangan  dalam Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa SPNF SKB Padang Pariaman”.

Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat kususnya siswa SPNF SKB Padang Pariaman tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh.  

"Tngkat kebugaran tubuh hanya dapat dicapai melalui aktifitas fisik yaitu olahraga," papar dosen lainnya memberi arahan kepada siswa SKB. 

Tema ini dipilih adalah sebagai bentuk respon informasi dari WHO yang menyatakan tingkat kematian tertinggi di indonesia diakibatkan oleh jantung, gula, stroke dan tinghinya kolestrol.

Sedangkan, penyakit-penyakit ini dapat dicegah dengan cara pola hidup sehat dan aktif berolahraga, sedikitnya 4 sampai 5 kali dalam seminggu. 

Para dosen dari Prodi PJKR Universitas Bung Hatta ini berharap pegabdian yang dilakukan dapat membangkitkan gairah siswa SKB untuk menjaga kebugaran tubuh dan  melakukan aktifitas olahraga demi menjaga tubuh dari gangguan penyakit. (in).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update