Notification

×

Indeks Berita

Ketua DPRD Sumbar: Istano Basa Pagaruyung Magnet Wisata Ranah Minang

Selasa, 02 Mei 2023 | Mei 02, 2023 WIB Last Updated 2023-05-02T09:50:57Z




Supardi saat diabadikan di Istano Basa Pagaryung. Foto. Ist

padanginfo.com
-TANAH DATAR- Istano Basa Pagaruyung merupakan simbol peradaban urang minang yang menjadi kebanggaan dan indentitas jatidiri, ada banyak makna tersirat dalam filosofi hidup urang minang. Makna budaya ini mesti menjadi kekuatan potensi kita dalam memajukan wisata Sumbar, dimana aktifitas budaya adalah hulunya dan pariwisata adalah hilirnya.



Hal ini diungkap Ketua DPRD Sumbar Supardi, SH ketika berkunjung dan melihat dari dekat wisata budaya Istano Basa Pagaruyung, Minggu (30/4/2023).


Ketua DPRD Sumbar itu mengajak para generasi muda, kaum milenial dan masyarakat agar juga melihat dan mempelajari hal hal budi pekerti budaya yang tersirat terhadap keberadaan Istano Basa Pagaruyung. 


"Bukan hanya berfoto ria, menikmati keindahan monumen bangunan Istano Basa Pagaruyung melainkan juga belajar mengetahui banyak hal untuk menanamkan kepribadian budaya dan karakter sejatinya sebagai masyarakat minangkabau," ajak Supardi.



Supardi juga mengatakan terima kasih kepada pemda Tanah Datar atas pelayanan wisata yang dilakukan dilingkungan wisata budaya istano Basa Pagaruyung sudah berjalan baik.


Namun perlu lagi meningkatkan penataan kelolaannya agar situs budaya istano Basa Pagaruyung ini lebih ditingkatkan lagi.


"Ada beberapa aktifitas masyarakat pedagang, disekitar bangunan situs ini kurang bagus terlihat, sehingga memberikan kesan tidak menarik. Seakan-akan terjadi pembiaran, tidak terurus dan tidak ada pedoman pengelolaan yang baik", ungkapnya. (in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update