Notification

×

Indeks Berita

Mendagri Kembali Kesampingkan Usulan Mahyeldi, Fernando Jongguran Simanjuntak Pj. Bupati Kepulauan Mentawai

Kamis, 25 Mei 2023 | Mei 25, 2023 WIB Last Updated 2023-05-24T19:56:11Z

Gubernur Mahyeldi melakukan pengambilan sumpah Fernando Jongguran Simanjuntak.

padanginfo.com- PADANG- Lagi-lagi Gubernur Sumbar Mahyeldi "terpaksa" melantik pejabat Bupati Mentawai yang bukan berdasarkan usulannya.  Bertempat di auditorium Gubernuran Sumbar, Rabu 24 Mei 2023 Mahyeldi melantik Fernando Jongguran Simanjuntak  sebagai Pejabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, menggantikan Martinus Dahlan yang telah melaksanakan jabatan selama satu tahu.

Satu tahun.lalu, di tahun 2022, dengan berakhirnya jabatan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet  dan pasangannya Kortanius Sabeleake, Pemprov Sumbar mengirim tiga nama untuk ditetapkan satunya.

Ketiga nama itu adalah Amasrul yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Kepala Dinas Kehutanan Yozawardi, dan Kepala Dinas PUPR Sumbar Era Sukma Munaf.

Amasrul adalah orang bawaan Mahyeldi dari Pemko Padang setelah jabatan Wali Kota Padang ditinggalkannya, Amasrul yang saa itu menjabat Sekdako Padang berselisih paham dengan Hendri Septa, Wakil Wali Kota yang naik menjadi Wali Kota. 

Sedang dua pejabat lainnya, yang diusulkan namanya di urutan dua dan tiga adalah pejabat lama sebelum Mahyeldi masuk ke Kantor Gubernur Sumbar.

Namun oleh Mendagri Tito Karnavian usulan yang dikirim Mahyeldi dikesampingkan.

Mendagri Tito Karnavian meSKkan Martinus Dahlan, saat itu.menjabat Sekdakab Mentawai sebagai Pj. bupati Mentawai

Martinus Dahlan dilantik sebagai Pj Bupati Mentawai berdasarkan surat keputusan (SK) Mendagri Nomor 131.13-1221 Tahun 2022 pada 13 Mei 2022 untuk masa  jabatan satu tahun . Martinus dilantik hari Minggu 24 Mei 2022, hingga masa jabatannya  berakhir  24 Mei 2023.

Jelang masa jabatan Martinus berakhir, Mahyeldi kembali mengirim tiga nama pejabat untuk melanjutkan periode satu tahun masa jabatan berikutnya. Selain nama Martinus, dua nama lainnya yang diusulkan adalahYozawardi Kadis Kehutanan dan 
Erinaldi Staf Ahli Gubernur

Namun tiga nama yang dikirim mental lagi di meja Mendagri.

Mendagri Tito Karnavian mengirim pejabat luar Sumbar untuk menjabat Bupati Mentawai hingga terpilihnya bupati pilihan rakyat Mentawai pada Pilkada serentak 2024.

Fernando dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1215 Tahun 2023 tertanggal 20 Mei 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Provinsi Sumbar.

"Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah sampai dengan dilantik pejabat definitif, maka Mendagri telah menetapkan Sdr. Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Pj. Bupati Kepulauan Mentawai," kata Mahyeldi dengan suara datar saat memberi sambutan dalam acara pelantikan di Auditorium Gubernuran.

 Fernando  saat ini bertugas sebagai Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar  pada  Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. (in).






Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update