Notification

×

Indeks Berita

Pemko Bukittinggi Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB Last Updated 2023-05-10T02:08:43Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI -  Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, gelar pelatihan manajemen bagi pelaku usaha mikro Angkatan I se Kecamatan Guguak Panjang.


Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi, di Hotel Grand Bunda Syariah, Selasa (09/05). Erman Safar, menyampaikan, pelatihan kewirausahaan bagi usaha mikro yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha mikro di Kecamatan Guguk Panjang. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi pengangguran.


“Perkembangan UMKM kita, memiliki banyak kendala. Hal ini tercermin dari kurang berkembangnya usaha yang dilakoni oleh pelaku usaha walaupun usahanya sudah lama berdiri. Produktivitas serta daya saing produk yang dihasilkan masih terbatas pada lingkungan dimana UMKM banyak berada belum mampu menembus pasar yang luas. Gagap teknologi masih mendominasi sebagian UMKM kita sehingga tidak bisa memenuhi selera pasar yang selalu berubah,” ujar Erman.


Mengatasi permasalahan tersebut, sebutnya, pemerintah akan berusaha terwujudnya iklim berusaha yang kondusif, kebijakan- kebijakan yang berpihak kepada UMKM seperti subsidi bunga melalui Tabungan Utsman dan pelatihan-pelatihan seperti yang akan dilaksanakan saat ini.


“Kita selalu berusaha agar UMKM Bukittinggi lebih profesional, mandiri dan memiliki daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. Jangan sampai kita hanya jadi penonton di negeri sendiri, tetapi kita bertekad untuk menjadikan produk UMKM Bukittinggi,” tuturnya.(mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update