Notification

×

Indeks Berita


TP PKK Belakang Balok Bukittinggi Dinilai Tim Provinsi

Jumat, 16 Juni 2023 | Juni 16, 2023 WIB Last Updated 2023-06-30T07:56:11Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - TP PKK Kelurahan Belakang Balok, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) yang mewakili Bukittinggi telah dinilai tim penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.


Tim penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023, telah melakukan penilaian langsung di Kelurahan Belakang Balok, Kamis (15/06).


Rombongan tim penilai yang dipimpin Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny. Fitria Amalia Audy, didampingi anggota disambut langsung Wakil Walikota Bukittinggi Marfendi dan Wakil Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Nurna Eva Marfendi


Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi, menyampaikan, penghargaan yang tinggi kepada Ketua , seluruh pengurus dan kader PKK disemua level termasuk di Dasawisma, terima kasih atas dukungannya terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK yang merupakan program yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Karena upaya mensejahterakan masyarakat didukung kuat oleh Tim Penggerak PKK yang memiliki basis luar biasa, yaitu dasawisma, kekuatan akar rumput yang jumlahnya di Bukittinggi mencapai 1.071 dasawisma.


"Semoga penilaian lomba gerakan PKK oleh tim penilai akan merekomendasikan hasil yang terbaik untuk TP PKK Kelurahan Belakang Balok Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh," ujar Marfendi.


Wakil Ketua TP PKK Kota Bukittingggi, Ny. Nurna Eva Marfendi, menyampaikan,TP PKK Kota Bukittinggi terdiri dari 3 TP PKK, 24 TP PKK Kelurahan, 337 TP PKK RT, 104 RW dan 1071 kelompok dasawisma.


PKK merupakan mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, dan sangat penting keberadaannya.


"Terimakasih kepada seluruh stakholder yang telah berkerja keras dan berdedikasi dalam menjalamkan program -- program PKK. Tanpa kerja keras dan semangat juang kita semua, pencapaian yang telah diraih tidak mungkin tercapai. Semoga Kelurahan Belakang Balok menjadi yang terbaik dan dapat mewakili Sumbar ke tingkat nasional," harap Ny. Nurna.


Ketua rombongan penilai, Ny. Fitria Amalia Audy, mengapresiasi semangat TP PKK Kota Bukittinggi. Penilaian ini merupakan salah satu program kerja TP PKK untuk memantau sejauh mana realisasi 10 program pokok PKK di Sumatra Barat. Ada lima jenis lomba yang akan dinilai pada tahun 2023. Ini.


"Lima penilaian itu, lomba kelembagaan dan ketertiban administrasi PKL, lomba pola asuh anak dan remaja di era digital, lomba UP2K PKK, lomba kawasan aku hatinya PKK dan Lomba PHBS Plus. Semua harus dilengkapi dengan dokumentasi yang jelas. Intinya, bagaimana dengan lima program ini, kegiatan PKK dapat dirasakan dan oleh masyarakat," jelasnya.


Ketua TP PKK Belakang Balok, Ny. Novi Rahdian Aprino dalam eksposnya, menyampaikan, Kelurahan Belakang Balok merupakan 1 dari 8 kelurahan yang terdapat diwilayah Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi dengan luas wilayah 50 Ha dan jumlah penduduk 2.788 jiwa. Di Kelurahan Belakang Balok terdapat 25 kelompok dasawisma yang rutin melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK.


Adapun inovasi yang telah dilakukan diantaranya pokja 1 GEMA ANAKKU CINTAQU (gerakan bersama anak dan remaja cinta surau dan alquran), pokja 2 MAMA CANTIK (masyarakat gemar membaca dan anti kebodohan), pokja 3 HALAMAN HEBAT (hemat dan bermanfaat), Pokja 4 BALABA BERIMAN (Belakang Balok bersih, bergizi dan beriman), Pokja 4 SATOKO BALABO (Satgas anti rokok kelurahan Belakang Balok), KATAN KUPAS MARAMEN (peningkatan kunjungan posyandu dengan macam ragam menu).


"Kader PKK Pokja I, II, Ill dan IV Kelurahan Belakang Balok berkolaborasi dalam pengelolaan UP2K PKK, Kegiatan ini kami lakukan dengan mengolah dan menjual makanan yang sehat, bergizi, bernilai ekonomis dengan memanfaatkan potensi pangan lokal," ungkapnya. (*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update