Notification

×

Indeks Berita


Wako Bukittinggi Minta Warga Dukung ST 2023

Jumat, 02 Juni 2023 | Juni 02, 2023 WIB Last Updated 2023-06-03T09:27:06Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Badan Pusat Statistik, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bukittinggi, bentuk tim pelaksana Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan tim Sensus Pertanian Tahun 2023. Untuk kegiatan registrasi sosial ekonomi telah selesai dilaksanakan, sedangkan sensus pertanian, dilaksanakan 1 Juni hingga 31 Juli 2023.


Kepala BPS Bukittinggi, Abdi Gunawan, menjelaskan, Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyelenggarakan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial tetapi juga data kondisi sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah.


Hal tersebut tercermin dari variable yang dikumpulkan yaitu Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Perlindungan Sosial, Perumahan, Pendidikan, Kesehatan dan Disabilitas, serta Pemberdayaan Ekonomi. Pendataan lapangan dan pengolahan telah selesai dilakukan. Untuk memperkuat hasil tersebut, BPS Kota Bukittinggi telah melakukan diskusi yang melibatkan masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik (FKP).


"Forum ini membuka ruang partisipasi dari masyarakat sekaligus kontrol pada penyusunan data perlindungan sosial pemerintah. Proses FKP akan kompleks karena melibatkan masyarakat dan tenaga dari luar BPS,” jelasnya.


Sensus Pertanian pada Tahun 2023 akan menghasilkan parameter pertanian, yang sangat bermanfaat untuk menentukan arah kebijakan pembangunan daerah, sehingga peran dan partisipasi pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat diperlukan pada pelaksanaan rangkaian kegiatan ST2023.


“Regsosek sendiri telah dilaksanakan sejak 1 hingga 22 Mei 2023. Sedangkan sensus pertania dilaksanakan pada tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023. Sensus pertanian bertujuan untuk mencatat pertanian Indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,” ujarnya.


Walikota Bukittinggi, Erman Safar, juga mengimbau seluruh warga untuk sukseskan registrasi sosial ekonomi dan sensus pertanian 2023 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik. Data yang didapat, merupakan kekayaan bangsa yang patut dijaga.


“Melalui kegiatan registrasi sosial ekonomi, ekosistem pendataan perlindungan sosial, dilakukan terintegrasi secara menyeluruh, pemerintah dapat data akurat, untuk dapat menyalurkan bantuan dengan tepat sasaran,” ungkap Erman Safar.


Disisi lain, lanjut Wako, sektor pertanian merupakan sektor yang dapat memberikan kontribusi pada perekonomian nasional data statistik dasar sektor pertanian secara lengkap dan menyeluruh. Data dikumpulkan melalui kegiatan sensus pertanian yang membutuhkan partisipasi semua pihak baik pemerintah pusat, daerah dan tentu saja masyarakat luas.


“Kami mengimbau seluruh masyarakat, mari sukseskan kegiatan registrasi sosial ekonomi dan sensus pertanian 2023 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik. Data mencerdaskan bangsa,” tuturnya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update