Notification

×

Indeks Berita


DPRD Sumbar Bahas Kerja Sama Literasi Digital dengan Perpustakaan Nasional

Jumat, 04 Agustus 2023 | Agustus 04, 2023 WIB Last Updated 2023-08-04T12:38:48Z
Ketua DPRD Sumbar dan Sekwan Raflis bahas kerjasama literasi digital dengan Perpustakaan Nasional di Jakarta, Jumat (4/8/2023). Foto. Ist


padanginfo.com-JAKARTA,  — Ketua  DPRD Sumbar, Supardi, SH melakukan pertemuan dengan pimpinan Perpustakaan Nasional (Pusnas) yang diterima Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dr. Ardin Bondar,MSi di Pusnas Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2023.

Pertemuan itu membahas rancangan kerjasama perpustakaan nasional dengan DPRD Sumbar secara kelembagaan, terutama dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi literasi digital (e_ library) serta kerjasama hal-hal lain dalam pengembangan literasi generasi muda dan masyarakat.


Ketua DPRD Sumbar dalam kesempatan itu menyampaikan, dari dahulu Sumatera Barat masyarakat amat memahami pentingnya literasi, membaca dan meningkatkan ilmu pengetahuan sebagai langkah mengembangkan kemampuan diri untuk hidup lebih baik.

“Kondisi pandemi covid menginspirasi bagaimana kemajuan teknologi mesti dapat dimanfaatkan secara lebih baik sehingga dapat mempercepat, memudahkan dan efesien, termasuk dalam pengembang e library perpustakaan digital. DPRD sebagai rumah rakyat selain menyampaikan aspirasi juga hendaknya memberikan edukasi pengetahuan melalui pelayanan keperpustakaan di Sekretariat DPRD Sumbar,” ungkap Supardi.


Supardi juga katakan kunjungan ke Pusnas ini ingin mengetahui hal-hal apa-apa saja yang dapat dikerjasamakan dengan DPRD Sumbar dalam rangka keikutsertaannya dalam pengembangan literasi nasional dan meningkatkan minat baca masyarakat terutama ke generasi muda.

Baca Juga:  Di Seminar Keluargaku Surgaku, Nevi Zuairina Sampaikan Agama Berperan Penting Membentuk Keluarga Samawa
“Dalam pertemuan tadi kami melihat ada banyak program yang dapat dikerjasamakan, namun secara spesifik ada e library dan kerjasama naskah-naskah kuno Sumatera Barat yang dapat kita usulkan dalam kekayaan intelektual tak benda. Kita menyadari literasi amat penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas diri masyarakat Sumatera Barat,” katanya.

Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili Deputi Pengembang Sumber Daya Perpustakaan, mengatakan setiap-setiap negara-negara maju dan pertumbuhan ekonomi yang baik keilmuan dan literasi membaca masyarakat amat baik, sehingga ini juga berdampak besar akan kemajuan negara mereka.


“Lihatlah, Jerman, Jepang, Inggris, Turki pendidikan dan literasi pengetahuan masyarakatnya amat tinggi. Sementara kita masih belum berpihak memperhatikan hal-hal tersebut, selain belum maksimal terlihat dari penganggaran yang kecil, sehingga dorongan percepatan kemajuan literasi belum lagi maksimal,” ungkap Ardin Bonar. (In)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update