Notification

×

Indeks Berita


Inilah Pemenang Lomba Pengolahan Pangan Sawahlunto Bernilai Komersil

Kamis, 24 Agustus 2023 | Agustus 24, 2023 WIB Last Updated 2023-08-24T02:43:36Z
Walikota Deri.Asta menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Kota Sawahlunto Tahun 2023..Foto. Hms Pemko Sawahlunto




padanginfo.com - SAWAHLUNTO -Guna  peningkatan penerapan, pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersil, Pemko Sawahlunto melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) menyelenggarakan lomba Pengolahan Pangan Lokal Berbasis Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Rabu, (23/8/ 23) di Kebun Buah Kandi, Sawahlunto. 

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta sangat  mendukung dan mengapresiasi kegiatan lomba tersebut yang dinilai meningkatkan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam mengolah bahan-bahan pangan.

"Kita mempunyai beragam potensi bahan pangan, tentu sangat bagus jika itu dieksplorasi lebih lanjut sehingga menghasilkan menu-menu yang bervariasi. Pemko Sawahlunto mendukung terciptanya makanan yang sehat bergizi seimbang," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto (DKP3) Heni Purwaningsih melaporkan, lomba Pengolahan Pangan Lokal Berbasis, Beragam, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Sawahlunto tersebut diikuti oleh 12 Desa / Kelurahan.

"Kedepan kita harapkan 37 Desa/ Kelurahan yang ada di kota Sawahlunto ini dapat mengikutinya" harap Heni. 

Kemudian lanjutnya, untuk juri ada tiga orang, yakni Arisman Dari Asia Royal Collage Padang, Devi Irmayeni dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Enggriyani dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Penilaian berupa tampilan makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup yang berbahan lokal, daun kelor dan petai cina/lamtoro, juaranya adalah ; Juara I TP PKK Desa Talawi Hilie, Juara II TP PKK Desa Datar Mansiang dan Juara III TP PKK Kelurahan Tanah Lapang.

Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan hadiah bagi pemenang penilaian penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Kota Sawahlunto Tahun 2023.

Adapun pemenang Adhikarya Pangan Nusantara adalah ;  Kategori Pembina yaitu Hendra Kepala Desa Lunto Barat, Kategori Pelayan yaitu Wulan Sari Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan Desa Kubang Tangah dan Kategori Pelaku yaitu Kelompok Tani Tunas Muda Desa Muaro Kalaban. (ril/ris1)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update