Notification

×

Indeks Berita


Meriahkan HUT RI KE-78 Pemko Bukittinggi Gelar Sejumlah Perlombaan

Rabu, 16 Agustus 2023 | Agustus 16, 2023 WIB Last Updated 2023-08-16T03:50:55Z



padanginfo.com- BUKITTINGGI-Guna  memeriahkan HUT RI ke-78 Tahun 2023, PemkoBukittinggi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga mengadakan sejumlah  kegiatan  HUT RI  diantaranya

LOMBA PANJAT PINANG
memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta plus hadiah lainnya yang tergantung pada lingkaran batang pinang.

PERTANDINGAN BOLA SARUNG, 6 VS 6, pemain pakai sarung dan diiringi musik,Memperebutkan hadiah juara I, II dan III, total senilai 3 juta rupiah plus trophy Wali Kota.

Lomba dilaksanakan antar kecamatan, dilaksanakan pada hari Jum’at / 18 Agustus 2023
Pukul14.00 WIB s/d selesai dengan Lokasi Lapangan Sepakbola Atas Ngarai dan penentuan peserta oleh masing-masing kecamatan.

Panjat pinang menjadi salah satu perlombaan tujuh belasan khas Indonesia, Acara unik yang menjadi bagian dari perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ini selalu mengundang daya tarik masyarakat maupun wisatawan.

Seperti yang dilakukan oleh warga masyarakat Kota Bukittinggi untuk menyemarakkan HUT RI ke 78 ini.

Dipilihnya lomba panjat pinang karena lomba ini memiliki filosofi yang sesuai dengan kemerdekaan RI, yakni kerjasama dan gotong royong.

Kegiatan lomba panjat pinang, dalam perlombaan tersebut juga memiliki makna untuk saling bahu membahu dan gotong royong demi mencapai tujuan bersama.

“lomba ini mengajarakan kita bahwa kesuksesan dalam meraih prestasi tidak bisa kita lakukan secara individu, namun harus bekerjasama secara tim, dan mengedepankan kekompakan kelompok” katanya.

Selain itu juga untuk menjaga kearifan lokal budaya Minang, Meskipun saat ini era teknologi informasi sudah sangat maju dan modern, namun permainan tradisional harus terus dilestarikan serta dijaga dari generasi ke generasi” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini mampu memelihara dan memperkuat jalinan silaturahim antar warga, serta menumbuhkan solidaritas, sportivitas, dan menghapuskan sekat-sekat perbedaan.

Permainan ini semakin seru lantaran sebelum dipanjat oleh peserta, bilah pohon dilumuri dengan cairan pelican seperti oli. Sehingga menimbulkan gelak tawa lantaran peserta harus jatuh berkali-kali karena licinnya bilah pohon.

Aksi kocak para peserta pun ternyata mampu menyita perhatian warga sekitar, tak terkecuali para pengguna jalan yang melintas, ini mengaku terhibur dengan aksi para pemanjat pohon pinang yang terlihat menggelikan dan semoga tahuan depan ada lagi,(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update