Notification

×

Indeks Berita


Pemko Sawahlunto Gratiskan Biaya Sertifikat Halal Buat UMKM

Rabu, 13 September 2023 | September 13, 2023 WIB Last Updated 2023-09-13T06:32:18Z
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Dedi Wandra menyerahkan secara simbolis sertifikat halal tersebut kepada perwakilan



padangInfo.Com, SAWAHLUNTO -  Pemko Sawahlunto bersama Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) membantu masyakarat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperoleh pelayanan membuat sertifikat halal secara gratis. 

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Dedi Wandra menyerahkan secara simbolis sertifikat halal tersebut kepada perwakilan pemohon sertifikat halal yang berasal dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, pada Selasa 12 September 2023.

"Alhamdulillah, dengan sinergi bersama Kemenag sekarang kita bisa menyerahkan sertifikat halal sebanyak 104 buah. Ini sangat membantu masyarakat, sebab sudah bebas biaya atau gratis," kata Wali Kota Deri Asta.

Disampaikan Wali Kota Deri, sertifikat halal bernilai sangat penting bagi suatu produk sebab selain menunjukkan telah layak/memenuhi standar kesehatan dan syariat, juga membuat produk tersebut memiliki jaminan yang membuat pemasarannya bisa lebih meningkat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Dedi Wandra menyebut pihaknya mempercepat proses penerbitan sertifikat halal salah satunya dengan cara merekrut Petugas Pendamping Produk Halal (P3H) dari petugas Penyuluh Agama Islam. 

"Dari evaluasi kami terpantau sejak adanya P3H di setiap Kecamatan, terjadi peningkatan pelaku UMKM yang mengajukan permohonan penerbitan sertifikat halal untuk produk mereka," kata Dedi. (ril/ris1)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update