Notification

×

Indeks Berita


Rahmat Gino Diminta Republik Chile Bagikan Pengalaman Terkait Proses Nominasi Kota Sawahlunto jadi Warisan Dunia

Selasa, 17 Oktober 2023 | Oktober 17, 2023 WIB Last Updated 2023-10-17T04:05:15Z
Rahmat Gino 

padangInfo.com,- SAWAHLUNTO - Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman DisperkimtanLH Kota Sawahlunto, Rahmat Gino Sea Games, diminta oleh Pemerintah Republik  Chile membagikan pengalaman bagaimana perjalanan proses nominasi kota Sawahlunto jadi warisan dunia, dan pengelolaan setelah ditetapkan oleh badan PBB  UNESCO.

Beberapa poin penting yang disampaikan pada Kongres Warisan Budaya Internasional dan Interdisipliner ke-IV: "Warisan Industri, Pembangunan Sosial dan Tata Kelola" yang berlangsung di kota Concepciån, Wilayah Biobio, Chili, dari tanggal 16 hingga 20 Oktober 2023.

"Sawahlunto dengan Sumber Daya Manusia dan anggaran  terbatas  mampu mencapai restasi yang dianggap mustahil" ucap Gino. 

Sesuai agenda, perwakilan Indonesia satu-satunya adalah kota Sawahlunto mendapat jadwal pada siang hari pertama Senin 16 Oktober 2023 waktu Chile (lebih lambat 10 jam dari WIB), 21 pembicara yang merupakan para ahli berbagai bidang datang ke kongres. Dari Asia, Eropa, Amerika, Arab, dan Afrika..

Gino menyampaikan 4 poin penting, pertama bahwa; Kota kecil Sawahlunto dengan sumber daya manusia dan anggaran yang terbatas telah mampu mencapai apa yang selama ini dianggap mustahil sebagai situs warisan budaya dunia UNESCO kelima di Indonesia. 

Kedua, Dimana untuk masa depan yang akan menjadi harapan besar, status sebagai Warisan Dunia merupakan pilihan yang dapat direalisasikan dan sesuai dengan visi kota yang telah dicanangkan pada tahun 2001.    

Ketiga, Belajar dari pengalaman Sawahlunto dengan kisah suksesnya mendapatkan pengakuan dunia, dimana dibutuhkan komitmen dan konsistensi bersama untuk meraih mimpi besar bagi masa depan bangsa dan generasi. 

"Kolaborasi semua pihak menjadi hal yang utama, bagaimana pemerintah daerah terus berupaya dan berkomunikasi secara aktif agar peran serta pemerintah pusat semakin nyata dengan komitmen yang sama" tambahnya. 

Dan keempat lanjut Gino, Badan Pengelola adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dan dirancang oleh semua pihak di daerah maupun di pusat, agar pengelolaan situs dapat berjalan dengan baik dan efektif. (ris1)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update