Notification

×

Indeks Berita

Anggota DPRD Sumbar Arkadius Raih Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara

Senin, 27 November 2023 | November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T01:22:34Z


Arkadius terima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara, yang diserahkan oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy. (Foto : Feri Maulana)


padanginfo.com-PADANG, -Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyerahkan pengharagaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) kepada anggota DPRD Sumbar juga ke sejumlah kepala daerah dan tokoh masyarakat. Mereka dinilai sangat berkontribusi dalam mendorong terjaganya ketahanan pangan di Sumbar.

Indeks prestasi ketahanan pangan Sumbar saat ini diperingkat kelima nasional.

“Sumbar salah satu daerah penyumbang beras terbesar di Indonesia. Kita telah membuktikan mampu menghasilkan pangan untuk kebutuhan sendiri dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal,” kata Wagub Audy pada acara Penghargaan APN di The ZHM Premiere Hotel Padang.

Wagub Audy menyebutkan, terkait ketersediaan beras di Sumbar, relatif aman dan stabil. Bahkan, Sumbar sudah menjadi penyangga produksi kebutuhan pangan di tiga provinsi tetangga, Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Patut kita sebut bahwa Sumbar adalah sumber produksi ketahanan pangan di Sumatera bagian barat,” ujarnya.

Diharapkannya, pemerintah pusat turut mendorong pengembangan teknologi pertanian dan akses keuangan sebagai modal kerja bagi petani dan usaha ultramikro di Sumbar. Sebab, pertanian adalah sumber ekonomi utama di Sumbar.

“Meski demikian, apa yang telah dicapai Sumbar saat ini tentu tidak lepas dari upaya masif dan efektif, serta sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan terkait yang juga semakin kuat. Untuk saat ini, ketersediaan beras di Sumbar 852.366 ton, ada pun total kebutuhan sekitar 689.794 ton,” katanya lagi.

Sebagai wujud apresiasi Pemprov Sumbar, sambungnya, penghargaan APN layak diberikan kepada sejumlah kepala daerah dan tokoh masyarakat, atas kontribusinya terhadap pembangunan ketahanan pangan di Sumbar.

Arkadius Dt Intan Bano sebagai salah satu tokoh Sumbar yang diberikan anugerah APN tersebut, menyampaikan rasa syukurnya bahwa hal itu merupakan anugerah untuk bersama, katanya di Batusangkar, Minggu (26/11/2023).

Para penerima penghargaan APN antara lain, Wali Kota Solok, Bupati Sijunjung, Bupati Pasaman Barat, serta tokoh masyarakat Joinerry Kahar, Arkadius Dt Intan Bano, dan Ir Fajaruddin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional (BAPANAS) Rachmad Firdaus, turut menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Sumbar, yang berdasarkan skor indeks prestasi ketahanan pangan nasional, posisinya naik dari posisi 8 nasional menjadi posisi ke-5 nasiona (*/in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update