Notification

×

Indeks Berita


Bawaslu Sawahlunto Gelar Rakor Pengawasan Logistik Pemilu Serentak 2024

Jumat, 17 November 2023 | November 17, 2023 WIB Last Updated 2023-11-17T06:38:14Z
Bawaslu Kota Sawahlunto



padanginfo.co.-SAWAHLUNTO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Sawahlunto menggelar kegiatan Rakor Pengawasan Logistik Pemilu Serentak tahun 2024, Kamis (16/11/23) bertempat di Hotel Parai Sawahlunto. 

Rakor yang diikuti oleh KPU Sawahlunto, Kesbangpol, Satpol PP, Panwascam, Kepolisian dan Insan Pers dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Sawahlunto, Junaidi Hartoni. 

"Data hasil pengawasan harus menjadi acuan  pengawas pemilu dalam memastikan KPU melakukan tugas sesuai ketentuan perundang - undangan" ujarnya. 

Kemudian lanjut Junaidi Hartoni yang akrab disapa Anton, mengungkapkan dalam pengadaan dan dustribusi logistik ini ada potensi kerawanan yang harus menjadi titik fokus pengawasan Bawaslu dan jajarannya. 

"Adanya logistik pemilu tidak tepat prosedur, jumlah, jenis dan waktu" ulasnya. 

Kemudian, jumlah logistik tidak sesuai dengan DPT, kwalitas warna dan gambar yang tidak sesuai, kwalitas tinta yang rendah, waktu pendistribusian disetiap tingkatan yang tidak tepat waktu, jenus alat kelengkapan pemungutan dan penghitungan suara yang tidak sesuai ketentuan. 

"Dan yang paling rawan adalah tertukarnya surat suara antar daerah pemilihan" pungkasnya. 

Sementara itu menurut Muhammad Fauzan Azim, dosen hukum tata negara, fakultas syariah UIN Imam Bonjol Padang, prinsip esensial dari demokrasi itu adalah, kebebasan dan kesetaraan, kemudian dalam pelaksanaanya one man one vote one value, jujur dan adil. 

"Tugas pokok Bawaslu itu adalah menjaga semua prinsip dan pelaksanaannya berjalan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Pemilu yang baik dan berkwalitas akan melahirkan pemerintahan dan anggota legislatif yang berkwalitas  juga" tutup Fauzan. (ris1)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update