Notification

×

Indeks Berita


Dihadiri Ribuan Orang, Gemala Ranti: Festival Anak-anak Sumatera Barat 2023 Berlangsung Meriah

Sabtu, 18 November 2023 | November 18, 2023 WIB Last Updated 2023-11-18T06:33:09Z

 Wagub Audy dan Gemala Ranti usai membuka festival anak-anak Sumatera Barat 2023 meninjau pameran lukis Gelangang Arang


padanginfo.com-PADANG- Festival Anak-anak Sumatera Barat 2023 yang dibuka Wagub Audy di halaman istana Gubernuran Sumbar, Sabtu pagi (18/11/2023) berlangsung meriah.


Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindung Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sumbar Gemala Ranti mengatakan, kegiatan ini dihadiri ribuan orang yang terdiri 500 peserta anak PAUD plus didampingi orang tua masing- masing. Belum lagi dari masyarakat yang datang dengan spontan.


 Peserta datang dari kabupaten/kota se Sumatera Barat, sehingga festival yang berlangsung 2 hari itu meriah dan marak


 Gemala Ranti menyebut ,bermain di ruang publik memiliki peran sentral dalam memperkaya pengalaman anak-anak. Mereka tidak hanya bergerak atau menghabiskan waktu luang, tetapi juga merintis hubungan dengan dunia sekitar mereka. Taman, lapangan bermain, dan tempat umum lainnya menjadi laboratorium tanpa batas di mana mereka mengembangkan persepsi visual, daya imajinasi, dan keterampilan sosial.


"Ruang publik menjadi arena di mana anak-anak belajar bersosialisasi dan berkolaborasi. Melalui permainan interaktif, mereka membangun keterampilan sosial yang penting untuk perkembangan pribadi. Peraturan permainan, penyelesaian konflik, dan berbagi tawa adalah langkah-langkah kecil yang membentuk dasar interaksi manusiawi di masa depan," ujar mantan Kadis Kebudayaan Sumbar itu


Kreativitas anak-anak berkembang tanpa batasan di ruang publik. Mereka bukan hanya konsumen pasif lingkungan, tetapi pencipta aktif yang membentuk ruang tersebut menjadi panggung imajinasi mereka. Melalui aktivitas seperti menggambar di trotoar atau menciptakan petualangan, anak-anak membangun fondasi kreativitas yang akan membawa dampak ke masa depan.


Bermain di ruang publik juga melibatkan pemahaman risiko. Saat mereka memanjat perosotan atau mengayuh sepeda, anak-anak belajar mengukur risiko, memahami batasan diri, dan mengembangkan tanggung jawab terhadap keamanan pribadi. Ruang publik juga memberikan kesempatan untuk belajar norma sosial dan nilai masyarakat. Interaksi dengan teman sebaya dari latar belakang berbeda mengajarkan anak-anak menghargai keberagaman dan pentingnya toleransi.


Pengalaman bermain di ruang publik membentuk fondasi karakter dan keterampilan yang tak ternilai. Anak-anak yang aktif di ruang publik memiliki peluang lebih besar untuk menjadi individu kreatif, mandiri, dan memiliki keterampilan sosial yang kuat.


Festival Anak Sumatra Barat 2023, "Pertemuan di Taman Bermain," menjadi perwujudan nilai-nilai ini. Festival ini mendorong pembahasan tentang pentingnya ruang publik yang ramah anak dan menciptakan peluang bagi anak-anak untuk mengeksplorasi bakat kreatif mereka. Melalui berbagai aktivitas kreatif, anak-anak belajar mewujudkan ide-ide mereka dan mengembangkan imajinasi tak terbatas. Dengan memberi mereka kebebasan berekspresi, festival ini menjadi pemicu inspirasi untuk perubahan positif di masa depan.


Dukungan terhadap inisiatif-inisiatif yang mempromosikan permainan dan kreativitas anak-anak menjadi esensi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal mereka. Festival ini bukan hanya perayaan momen, tetapi juga pemicu inspirasi untuk perubahan positif di masa depan.


Gemala Ranti mengucapkan teerima kasih kepada Dirjen Kebudayaan, Kemdikbudristek RI yang telah mendukung kegiatan ini melalui helatan budaya Galanggang Arang yang bertujuan untuk mengaktivasi dan mengenalkan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto kepada anak-anak. Terimakasih juga untuk Bank Nagari dan semua pihak yang telah berkontribusi pada Festival Anak Sumatra Barat 2023. Mari bersama-sama nikmati dan mendukung inisiatif-inisiatif yang memberdayakan anak-anak. Semoga festival ini menjadi langkah awal menuju masa depan yang cemerlang untuk mereka dan Sumatra Barat nantinya. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update