Notification

×

Indeks Berita

Forum Jurnalis Perempuan Sumbar Beri Pelatihan Menulis di SMA Adabiah 2 Padang

Kamis, 30 November 2023 | November 30, 2023 WIB Last Updated 2023-11-30T14:50:08Z
Siswa/i SMA Adabiah 2 Padang. Peserta pelatihan menulis yang diselenggarakan FJP.

padanginfo.com-PADANG-  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Barat kembali melakukan pelatihan penulisan di sekolah sekaitan dengan program menulis yang diagendakan selama bulan November hingga Desember 2023.

Kali ini yang disasar adalah SMA Adabiah 2 Padang dengan peserta lebih kurang 30 orang siswa yang menaruh minat menjadi penulis.

Program menulis  FJPI  digelar  dalam rangka HUT FJPI pada 22 Desember dan Hari Roehana Koeddoes pada 20 Desember 2023. Program ini dirancang untuk berbagi trik menulis kepada anak-anak SMA dan mahasiswa. 

"Kita FJPI mendorong siswa agar lebih berani, tidak malu-malu untuk mempublikasikan karyanya. Apalagi di SMA Adabiah 2 ini, sudah ada ekskul jurnaistik, sudah ada website. Kita tinggal memantapkan,” ungkap Nita Indrawati, Ketua FJPI Sumbar, Rabu (29/11).

Seperti disampaikan Pembina Ekskul Jurnalistik SMA Adabiah 2, Elly Nofriati S.Pd,   di  sekolah yang memiliki puluhan ekskul ini sudah pernah menerbitkan tabloid yang diberi nama  Seru, diartikan Sesuatu yang baru, pada tahun 2022 lalu.  Namun karena kesibukan anak-anak dan keterbatasan, tabloid inii hanya meluncur satu kali. 

“Kebetulan yang terlibat dalam ekskul jurnalistik yang lalu sudah keas 3 sekarang dan akan ujian akhir. Kita khawatir  kalau nanti  tidak dilakukan pengkaderan, kita harus mulai dari awal lagi. Makanya kami sangat antusias dengan adanya  program menulis yang dilakukan FJPI,” ungkap Elly.

Kepala Sekolah SMA Adabiah 2  Hj. Ratna Gusti Herlina MPd,  mengharapkan pembinaan dari FJPI  bagi anak-anak yang nantinya akan terlibat dalam penulisan di website sekolah. 
 
“Kita sudah ada website sekolah, mungkin bisa kita manfaatkan dengan membuat laman atau rubrikasi khusus  karya siswa" kata Ratna Gusti.

Menyoal kemampuan anak-anak ekskul jurnalistik ditambahkan Elly, bahwa ketua  ekskul jurnalistik  SMA Adabiah, Cicing, sudah pernah melakukan praktik jurnalistik, antaralain melakukan wawancara dengan nara sumber. Di antaranya dengan  Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat. 
 Mereka  yang terlibat dalam jurnalistik itu, semuanya sudah melakukan praktek sebagai wartawan sungguhan, wawancara dengan tokoh, dan membuat berita  kegiatan di sekolah.

Dalam pelatihan yang berlangsung  di ruang multi media, antusias siswa tergambar dengan munculnya pertanyaan- pertanyaan tentang teknik penulisan. 

Sebagai mentor, Yuke  dan Devi Diany , wartawan senior di harian Singgalang dan www,khasminang.id.  juga  terbawa  bersemangat. Yuke dan Devi, lebih banyak memberikan trik bagaimana menulis yang baik agar bisa dimuat di media. 

Bagi tulisan yang dinilai baik, Yuke  memberikan hadiah berupa voucer makan di Café Kita Punya di Rajo Corner Jalan Raden Saleh Padang.

Pada pelatihan menulis itu  lima siswa yang beruntung mendapatkan voucher. (rel)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update